Tarif Tol Cimalaka Cileunyi 2023 untuk Semua Golongan Kendaraan

Konten dari Pengguna
9 Januari 2023 7:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tarif Tol Cimalaka Cileunyi 2023. Foto: Raisan Al Farisi/Antara Foto
zoom-in-whitePerbesar
Tarif Tol Cimalaka Cileunyi 2023. Foto: Raisan Al Farisi/Antara Foto
ADVERTISEMENT
Informasi seputar tarif tol Cimalaka Cileunyi 2023 perlu diketahui pengguna setia jalan tol apabila sewaktu-waktu melintasi jalan tol ini. Bagi yang hendak melintasi jalan tolnya, ini tarif tol Cimalaka Cileunyi untuk semua golongan kendaraan.
ADVERTISEMENT
Bagi yang ingin melakukan perjalanan Cimalaka-Cileunyi maupun sebaliknya menggunakan jalan tol, maka Anda perlu melintasi Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tol Cisumdawu.
Dikutip dari laman kumparanBISNIS, Tol Cisumdawu direncanakan akan beroperasi sepanjang 64 Km, apabila keenam seksinya sudah resmi dioperasikan.
Saat ini, baru 3 seksi saja yang beroperasi, yakni Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan (Januari 2022), Seksi 2 Pamulihan-Sumedang (Desember 2022), dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka (Desember 2022).
Adapun ketiga seksi lainnya masih dalam tahap pembangunan, yakni Seksi 4 Cimalaka-Legok, Seksi 5 Legok-Ujungjaya, dan Seksi 6 Ujung Jawa-Dawuan.
Meskipun demikian, manfaat ketiga seksi ini sudah dirasakan masyarakat, khususnya warga Bandung yang hendak mengunjungi Bandara Kertajati. Sebab, adanya Tol Cisumdawu Seksi 1 mampu memangkas perjalanan Cileunyi-Pamulihan menjadi 15 menit.
ADVERTISEMENT
Tol Cisumdawu sendiri bisa digunakan oleh lima golongan kendaraan. Penggolongan ini nantinya akan dibedakan tarifnya sesuai jenis kendaraan. Ini pengertian setiap golongan kendaraan dikutip dari laman BPJT:
Bagi yang sudah penasaran berapa besaran tarif Tol Cimalaka Cileunyi maupun sebaliknya, ini informasinya.

Tarif Tol Cimalaka Cileunyi 2023

Tarif Tol Cimalaka Cileunyi 2023. Foto: Raisan Al Farisi/Antara Foto
Seperti yang diketahui, seksi 2 & 3 Tol Cisumdawu baru saja beroperasi pada Desember 2022 untuk membantu masyarakat dalam mobilisasi saat Nataru. Sesuai beberapa informasi, sampai saat ini tarif tol menuju Cimalaka masih dibebaskan tarif.
ADVERTISEMENT
Meskipun demikian, Anda masih harus membayar tarif tol dari Cileunyi sampai Pamulihan untuk menuju Cimalaka. Sampai tulisan ini dibuat, masih belum ada ketentuan tarif tol Cileunyi-Cimalaka yang nantinya akan diresmikan, termasuk pada laman resminya.
Maka dari itu, ini tarif tol Cimalaka Cileunyi berdasarkan tarif tol Pamulihan-Cileunyi yang saat ini diberlakukan:
Perlu diingatkan, pembebasan tarif tol Cimalaka-Cileunyi ini hanya bersifat sementara. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan ruas tol ini secara gratis sampai waktu yang belum ditentukan.
Demikian informasi seputar tarif tol Cimalaka Cileunyi 2023. Semoga bermanfaat.
(AA)