Tarif Tol Cirebon Semarang 2024, Ini Estimasinya untuk Semua Golongan

Konten dari Pengguna
4 April 2024 14:53 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto udara sejumlah kendaraan roda empat melaju perlahan di Jalan Tol Trans Jawa, Semarang-Solo Km 441 B, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (25/4/2023). Foto: Aji Styawan/Antara Foto
zoom-in-whitePerbesar
Foto udara sejumlah kendaraan roda empat melaju perlahan di Jalan Tol Trans Jawa, Semarang-Solo Km 441 B, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (25/4/2023). Foto: Aji Styawan/Antara Foto
ADVERTISEMENT
Pengendara yang akan melakukan perjalanan dari Cirebon ke Semarang dapat melalui jalan bebas hambatan supaya cepat sampai tujuan. Jalan tol yang digunakan yakni Tol Cirebon Semarang yang menghubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah.
ADVERTISEMENT
Rute perjalanan ditempuh dengan melewati beberapa ruas tol. Setiap ruas jalan tol memberlakukan tarif yang berbeda-beda sesuai dengan jenis golongan kendaraan.
Untuk mengetahui informasi lengkap, simak rincian tarif Tol Cirebon 2024 yang perlu dibayarkan pada uraian di bawah ini.

Tarif Tol Cirebon Semarang 2024

Sejumlah kendaraan roda empat melaju perlahan di Jalan Tol Trans Jawa, Semarang-Solo Km 441 B, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Selasa (25/4/2023). Foto: Aji Styawan/Antara Foto
Untuk perjalanan dari Cirebon menuju Semarang, pengendara akan melewati beberapa ruas tol yang termasuk dalam jaringan Tol Trans Jawa.
Adapun sejumlah ruas tol yang dilalui meliputi ruas Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang.
Setiap memasuki ruas jalan tol tersebut, pengendara akan dikenakan sejumlah biaya yang besarannya ditentukan berdasarkan jenis golongan kendaraan. Mengutip dari laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), berikut ini adalah rincian tarif tol yang perlu dipersiapkan untuk melakukan perjalanan dari Cirebon ke Semarang.
ADVERTISEMENT

1. Tarif Ruas Tol Palimanan-Kanci

2. Tarif Ruas Tol Kanci-Pejagan

3. Tarif Ruas Tol Pejagan-Pemalang

4. Tarif Tol Ruas Pemalang-Batang

5. Tarif Tol Batang-Semarang

Apabila diakumulasikan seluruh biaya yang diperlukan, maka total tarif sekali perjalanan untuk melintasi Tol Cirebon Semarang untuk golongan I adalah Rp Rp 270.000. Sementara, total tarif tol untuk golongan II dan III yaitu sebesar Rp 404.500.
ADVERTISEMENT
Kemudian, tarif yang dibutuhkan untuk sekali perjalanan melintasi Tol Cirebon Semarang untuk kendaraan golongan IV dan V adalah sebesar Rp 545.500.
Dengan mengetahui besaran tarif tol, diharapkan pengendara dapat menyiapkan pembayaran tol supaya perjalanan menjadi nyaman dan lancar. Pembayaran tol dapat menggunakan berbagai macam kartu e-toll seperti Bayar tol Cirebon Semarang dapat menggunakan berbagai macam kartu e-toll seperti BCA Flazz, E-Money Mandiri, hingga BNI Tap Cash.
(SA)