Tarif Tol Sidoarjo Malang Berdasarkan Golongan Kendaraannya

Konten dari Pengguna
11 Mei 2022 13:54
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tarif Tol Sidoarjo Malang Berdasarkan Golongan Kendaraannya (278927)
zoom-in-whitePerbesar
Gerbang Tol Malang-Pandaan yang berada di Singosari, Kabupaten Malang. (Foto: Gigih Mazda/Tugu Malang).
Tarif Tol Sidoarjo Malang berbeda-beda tiap ruasnya. Perbedaan tarif tol tersebut disesuaikan pula dengan golongan kendaraan yang melintas di jalan tol.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari Daihatsu, jalan tol adalah merupakan singkatan dari kata “Tax on Location”. Jalan Tol Sidoarjo Malang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa.
Jalan tol ini menghubungkan Surabaya, Sidoarjo hingga Malang. Kehadiran jalan tol ini juga membuat perjalanan dari Surabaya dan Sidoarjo menuju Malang menjadi lebih singkat, yaitu 1 jam 30 menit saja.
Bagi Anda yang berencana bepergian melewati jalur tol ini, berikut ini adalah tarif tol Sidoarjo Malang berdasarkan golongan kendaraannya.

Tarif Tol Sidoarjo Malang

Tarif Tol Sidoarjo Malang Berdasarkan Golongan Kendaraannya (278928)
zoom-in-whitePerbesar
Foto udara Tol Pandaan-Malang. Foto: Dok. Jasa Marga
Tarif tol Sidoarjo Malang berbeda-beda tiap ruasnya. Pembayaran jalan tol di seluruh Indonesia kini telah menggunakan gerbang tol otomatis sehingga Anda harus memiliki kartu e-Toll atau e-Money untuk melakukan pembayaran. Pastikan saldo dalam kartu tersebut telah tercukupi. Berikut ini adalah daftar tarif yang dirangkum dari laman BPJT PUPR.
ADVERTISEMENT

1. Tarif Jalan Tol Sidoarjo Malang Ruas Surabaya-Gempol

Ruas pertama dari jalan tol Sidoarjo Malang adalah ruas Surabaya-Gempol. Jalur ini membentang sepanjang 45 kilometer dari Bundaran Waru, Sidoarjo hingga berakhir di gerbang tol Gempol, Kabupaten Pasuruan.
Tarif jalan tol Sidoarjo Malang di ruas ini dibagi ke dalam lima golongan dan dua layanan. Untuk jalan tol dengan sistem tertutup dari kawasan Sidoarjo hingga Porong, golongan I (sedan, jip, pick up, truk kecil, dan bus) dikenakan tarif sebesar Rp 5.500. Untuk golongan II (truk dua gandar) dan golongan III (truk tiga gandar) tarifnya sebesar Rp 8.500. Sedangkan untuk golongan IV (truk empat gandar) dan golongan V (truk lima gandar) dikenakan tarif Rp 11.500.
Untuk jalan tol dengan sistem terbuka dari kawasan Kejapanan hingga Gempol, golongan I (sedan, jip, pick up, truk kecil, dan bus) dikenakan tarif sebesar Rp 3.000. Untuk golongan II (truk dua gandar) dan golongan III (truk tiga gandar) tarifnya sebesar Rp 5.000. Sedangkan untuk golongan IV (truk empat gandar) dan golongan V (truk lima gandar) dikenakan tarif Rp 6.500.
ADVERTISEMENT

2. Tarif Jalan Tol Sidoarjo-Malang Ruas Gempol-Pandaan

Ruas kedua dari jalan tol Sidoarjo Malang adalah ruas Gempol-Pandaan. Jalur ini membentang sepanjang 13,61 kilometer dimulai dari Kecamatan Gempol hingga Kecamatan Pandaan di Pasuruan. Ruas ini baru dioperasionalkan pada tahun 2015 lalu.
Tarif jalan tol Sidoarjo-Malang di ruas ini dibagi ke dalam lima golongan. Golongan I tarifnya sebesar Rp11.000, golongan II dan golongan III sebesar Rp 18.500, sedangkan untuk golongan IV dan golongan V dikenakan tarif sebesar Rp17.500.

3. Tarif Jalan Tol Sidoarjo Malang Ruas Pandaan-Malang

Ruas terakhir dari tol Sidoarjo Malang adalah ruas Pandaan-Malang. Ruas jalan tol ini menghubungkan kawasan Pandaan dengan Lawang hingga Malang. Gerbang Tol Malang akan mengarahkan Anda langsung ke tengah kota atau daerah Malang lainnya
Tarif jalan tol Sidoarjo Malang di ruas ini dibagi ke dalam lima golongan.. Golongan I tarif yang diberlakukan adalah Rp 34.000. Golongan II dan III dikenakan tarif Rp 52.000. Golongan IV dan Golongan V dikenakan tarif sebesar Rp 69.000.
ADVERTISEMENT
(RFN)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020