Tekanan Angin Ban Mobil Ring 17 yang Ideal

Konten dari Pengguna
16 April 2024 10:43 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ban serep Daihatsu Rocky. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Ban serep Daihatsu Rocky. Foto: Muhammad Ikbal/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam mengisi tekanan angin pada ban mobil tidak boleh dilakukan dengan sembarang. Pasalnya tekanan angin ban dapat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan selama berkendara.
ADVERTISEMENT
Tekanan angin yang disarankan untuk ban dapat bervariasi sesuai dengan merek, model dan seri mobil. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk mengetahui ukuran tekanan angin ban yang sesuai supaya mobil dapat melaju dengan optimal.
Lantas berapa berapa tekanan angin ban mobil ring 17 yang disarankan? Simak jawabannya pada uraian yang telah disajikan oleh Info Otomotif di bawah ini.

Tekanan Angin Ban Mobil Ring 17

Ukuran ban 12 inci mobil listrik Wuling Air ev, menggunakan velg kaleng yang ditutupi dop. Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Ukuran tekanan angin pada ban mobil ditentukan oleh sejumlah faktor seperti jenis mobil, berat kendaraan, hingga kegiatan berkendara sehari-hari.
Informasi mengenai tekanan ban biasanya dapat dilihat pada buku panduan mobil atau label yang ada di pilar pintu pengemudi. Adapun satuan tekanan ban yang digunakan adalah psi (pound per square inch) atau satu pound per inci persegi.
ADVERTISEMENT
Selain itu, diameter ban mobil dan lebar ban juga dapat mempengaruhi ukuran angin ban mobil. Sebagai contoh, tekanan angin yang direkomendasikan untuk ban mobil ring 15 tentu berbeda dengan ring 17.
Umumnya mobil yang menggunakan ban dengan diameter 17 adalah mobil berjenis SUV, MPV, atau sedan sport. Beberapa mobil yang menggunakan ban jenis ini antara lain Toyota Fortuner, Honda CR-V, Mercedes-Benz E Class, Toyota Land Cruiser, dan masih banyak lagi.
Merangkum dari berbagai sumber, bagi pemilik mobil dengan ban mobil 17 tekanan angin ban yang ideal yaitu sebagai berikut.

1. Ukuran ban mobil 205/45 R17, 205/55 R17

2. Ukuran ban mobil 205/60 R17, 215/45 R17, 215/50 R17, 215/55 R17

ADVERTISEMENT

3. Ukuran ban mobil 225/60 R17, 225/65 R17

4. Ukuran ban mobil 245/75 R17

5. Ukuran ban mobil 265/65 R17

6. Ukuran ban mobil 285/65 R17

Tekanan angin ban perlu diatur dengan tepat. Tekanan angin yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, keduanya kondisi dapat berdampak pada kendaraan.
Mengutip dari buku Hemat BBM dengan Air karya Urip Sudirman, jika tekanan angin ban kurang, laju kendaraan akan terasa berat, sehingga kebutuhan bahan bakarpun akan meningkat.
Sebaliknya, apabila terlalu keras akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengemudi dan penumpang.
(SA)