Otomotif
·
20 Mei 2021 15:18

Update Harga Mobil Listrik di Indonesia, Dari Hyundai Hingga Tesla

Konten ini diproduksi oleh Infootomotif
Update Harga Mobil Listrik di Indonesia, Dari Hyundai Hingga Tesla (97932)
searchPerbesar
Ilustrasi pengisian daya mobil listrik Hyundai Kona. (Foto: dok. Hyundai)
Pasar mobil listrik di Indonesia saat ini sudah mulai berkembang. Beberapa pabrikan otomotif mulai memunculkan produk-produk mobil listrik untuk dipasarkan di tanah air.
ADVERTISEMENT
Sebagai mobil ramah lingkungan, mobil listrik memiliki harga yang terbilang tinggi. Ditambah stasiun pengisian daya yang masih terbatas, mobil listrik tetap ada peminatnya di Inodonesia.
Lalu, berapa sebenarnya harga jual mobil listrik saat ini? Berikut ini kami sajikan update harga mobil listrik di Indonesia dan spesifikasinya.

Update Harga Mobil Listrik di Indonesia

Tercatat ada 7 mobil listrik yang sudah beredar di pasaran. Dikutip dari kumparanOTO, berikut ini adalah tujuh mobil listrik tersebut:
1. Hyundai Kona Listrik
Update Harga Mobil Listrik di Indonesia, Dari Hyundai Hingga Tesla (97933)
searchPerbesar
Tampak depan dan belakang Hyundai Kona Listrik. (Foto: dok. Hyundai)
Pertama, ada mobil listrik pabrikan Korea Selatan, Hyundai Kona Listrik. Diedarkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mobil listrik ini memiliki harga off the road Jakarta Rp 674,8 juta.
Mengenai spesifikasinya, Hyundai Kona Listrik memiliki motor listrik dengan output 100 kw serta didukung baterai kapasitas 39,2 kWh. Jika baterai terisi penuh, mobil listrik ini mampu berjalan sejauh 289 km.
ADVERTISEMENT
Hyundai Kona Listrik memiliki kecepatan maksimal yang mencapai 155 km/jam. Untuk mengisi dayanya, dibutuhkan waktu hingga 9 jam pada opsi normal charging dan 75 menit untuk mencapai 80 persen pada opsi fast charging.
2. Hyundai Ioniq
Update Harga Mobil Listrik di Indonesia, Dari Hyundai Hingga Tesla (97934)
searchPerbesar
Tampak depan Hyundai Ioniq electric. (Foto: Muhammad Ikbal/kumparan)
Masih dari pabrikan Hyundai, ada tipe Ioniq yang harganya sedikit di bawah Kona. Mengusung jenis mobil hatchback, Hyundai Ioniq memiliki 2 varian yaitu Ioniq Prime seharga 624,8 juta dan Signature seharga Rp 664,8 juta.
Soal mesin, Hyundai Ioniq dibekali motor listrik dengan tenaga puncak yang dihasilkan mencapai 134 dk dan torsi 295 Nm. Baterainya menggunakan Lithium-Ion polymer berkapasitas 38,3 kWh. Dalam kondisi penuh, mobil listrik ini dapat melaju sejauh 373 km.
Hyundai Ioniq membutuhkan waktu 6 jam pada pengisian daya normal, sedangkan opsi pengisian daya cepatnya hanya memerlukan 57 menit sampai ke 80 persen daya baterai.
ADVERTISEMENT
3. Lexus UX 300e
Update Harga Mobil Listrik di Indonesia, Dari Hyundai Hingga Tesla (97935)
searchPerbesar
Lexus UX 300e yang dipasarkan oleh Lexus Indonesia. (Foto: Muhammad Ikbal/kumparan)
Berikutnya dari Lexus, ada mobil listrik Lexus UX 300e yang termasuk segmen premium. Mobil listrik ini dipasarkan oleh Lexus Indonesia dengan harga jual OTR sebesar Rp 1,245 miliar.
Dengan motor listrik dan baterai Lithium-In kapasitas 54,3 kWh, Lexus UX 300e ini mampu menjanjikan tenaga maksimal 201 dk dan torsi puncak 300 Nm.
Bila diisi sampai penuh, mobil listrik ini mampu menempuh jarak hingga 300 km. Mengenai pengisiannya, dibutuhkan waktu 5-6 jam pada opsi normal dan 50 menit pada opsi pengisian cepat.
4. BMW i3s
Update Harga Mobil Listrik di Indonesia, Dari Hyundai Hingga Tesla (97936)
searchPerbesar
Ilustrasi test drive mobil listrik BMW i3s. (Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan)
Selanjutnya ada pabrikan asal Jerman yang meluncurkan mobil listrik BMW i3s. Mobil listrik ini dihargai OTR Jakarta sebesar Rp 1,340 miliar.
BMW i3s memiliki bentuk yang mungil, dengan motor listrik dan kapasitas baterai 42,2 kWh. Gabungan keduanya memberikan tenaga 184 dk dan torsi puncak 270 Nm.
ADVERTISEMENT
BMW i3s dalam kondisi baterai penuh mampu berjalan hingga 300 km. Pengisian dayanya sendiri memakan waktu hingga 2 jam 45 menit untuk opsi normal charging dan 39 menit pada opsi fast charging.
5. Tesla Model 3
Update Harga Mobil Listrik di Indonesia, Dari Hyundai Hingga Tesla (97937)
searchPerbesar
Tesla Model 3 yang diimpor oleh Prestige Motor. (Foto: Bagas Putra Riyadhana)
Di daftar selanjutnya kini ada Tesla Model 3. Mobil listrik ini diedarkan oleh importir umum (IU) Prestige Motor. Varian yang tersedia di Indonesia untuk Tesla Model 3 adalah Standard Range Plus dan Long Range.
Kedua varian itu berbeda dari sisi daya baterainya. Standar Range plus disebutkan mampu menempuh jarak 386 pada baterai penuh, sedangkan Long Range berjalan sejauh 499 kilometer. Pengisian dayanya hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk opsi fast charging.
Tesla Model 3 tipe Standard Range Plus dijual di dalam negeri dengan harga Rp 1,5 miliar.
ADVERTISEMENT
6. Tesla Model S
Update Harga Mobil Listrik di Indonesia, Dari Hyundai Hingga Tesla (97938)
searchPerbesar
Tampak depan mobil listrik Tesla Model S P100D. (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
Selain model 3, juga ada Tesla Model S P100D yang merupakan mobil listrik murni. Tesla Model S ini termasuk mobil premium dengan harga yang sangat tinggi, yaitu Rp 4,4 M!
Tesla Model S P100D dipersenjatai 2 motor listrik dipadukan dengan baterai Lithium-Ion berkapasitas 100 kWh. Dengan perpaduan seperti itu, mobil listrik ini menyemburkan tenaga badak yang mencapai 680 dk dan torsi 1.073 Nm lewat empat rodanya.
Untuk sampai pada daya baterai penuh, Model S ini membutuhkan waktu hingga 9,5 jam pada opsi normal charging. Jika sudah terisi penuh, mobil listrik ini mampu berlari sampai jarak maksimal 506 km.
7. Tesla Model X 75D
Update Harga Mobil Listrik di Indonesia, Dari Hyundai Hingga Tesla (97939)
searchPerbesar
Tesla Model X dengan pintu terbuka. (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
Terakhir dari Tesla, ada Tesla Model X 75 D menemani Model 3 dan Model S. Mobil Tesla yang satu ini dibanderol harga yang juga tinggi, yaitu Rp 2,850 miliar.
ADVERTISEMENT
Seperti Model S, Tesla Model X 75 D juga dibekali dua motor listrik dengan baterai kapasitas 72,4 kWh. Keduanya dapat menjanjikan tenaga hingga 329 dk dan torsi puncak 525 Nm.
Tesla Model X7 75D memerlukan waktu 5 jam 15 menit untuk pengisian daya normal dan pengisian daya cepatnya hanya berlangsung 40 menit. Bila baterainya penuh, Tesla ini bisa menjelajah sejauh 355 km.
(RAS)