Waktu yang Tepat untuk Mencuci Mobil, Ini Penjelasannya

Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 12:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mencuci mobil. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mencuci mobil. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mencuci mobil secara rutin tidak hanya menjaga kebersihannya tetapi juga mengurangi risiko karat dan kerusakan lain pada bodi. Namun tidak sedikit pengendara yang belum tahu kapan waktu yang tepat untuk mencuci mobil.
ADVERTISEMENT
Meski tampak sepele, rupanya dalam mencuci kendaraan ada hal-hal yang harus diperhatikan, salah satunya waktu mencuci. Melakukan pencucian mobil di waktu yang salah, justru dapat menimbulkan kerugian pada cat mobil.
Simak penjabaran selengkapnya mengenai waktu terbaik untuk mencuci mobil yang bisa dijadikan panduan perawatan kendaraan.

Waktu yang Tepat untuk Mencuci Mobil

Ilustrasi waktu yang tepat untuk mencuci mobil. Foto: Pexels
Pemilik mobil yang ingin mencuci mobil sebaiknya perlu mempertimbangkan waktu supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Beberapa pilihan waktu terbaik untuk cuci mobil adalah sebagai berikut.

1. Di Pagi Hari

Salah satu waktu yang tepat untuk mencuci mobil yaitu di pagi hari. Pengguna kendaraan dapat melakukan rutinitas ini sebelum pukul 10.00.
Hindari mencuci di tengah hari saat suhu berada di titik paling panas. Kondisi ini membuat sabun lebih cepat mengering bahkan sebelum sempat membilasnya, yang akibatnya dapat meninggalkan noda air dan noda sabun.
ADVERTISEMENT
Mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung juga membuat debu dan kotoran semakin sulit terlihat sehingga area yang kotor bisa saja tidak dibersihkan dengan maksimal.

2. Di Sore Hari

Selain pagi hari, pencucian mobil juga dapat dilakukan di sore hari setelah pukul 16.00.
Pada waktu ini, sinar matahari tidak terlalu terik sehingga memiliki waktu yang cukup untuk membilas dan mengeringkan mobil tanpa khawatir sabun akan cepat kering.
Namun pemilik mobil tidak disarankan untuk mencuci mobil di malam hari. Dikutip dari laman Car From Japan, setelah matahari terbenam, dibutuhkan waktu lebih lama untuk mengeringkan mobil sepenuhnya.
Permukaan kendaraan yang lembab dapat menyebabkan korosi karena tidak ada sinar matahari untuk membantu proses pengeringan.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya memperhatikan waktu mencuci, pengendara juga dapat mempertimbangkan cuaca hingga frekuensi penggunaan kendaraan.
Umumnya mobil perlu dicuci setidaknya setiap dua minggu sekali. Frekuensi ini akan membantu menjaga penampilan mobil dan melindunginya dari kotoran yang menempel.
Namun apabila tinggal di daerah dengan kondisi cuaca ekstrem, mobil mungkin perlu lebih sering dibersihkan. Misalnya, di daerah dengan hujan lebat, disarankan untuk mencuci mobil setiap minggu untuk mencegah korosi.
Berlaku juga untuk mobil yang digunakan setiap hari untuk bepergian atau kerap terkena debu dan faktor lingkungan lainnya juga membutuhkan pencucian lebih sering.
(SA)