12 Ciri Orang Bossy dan Cara Menghadapinya

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
4 Februari 2024 22:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi ciri orang bossy. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ciri orang bossy. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ciri orang bossy tidak melulu mengarah ke hal yang negatif, tapi juga bisa positif. Walau sering berlagak menjadi pemimpin, tetapi mereka ternyata ulet dan tekun dalam melaksanakan tugas.
ADVERTISEMENT
Berikut akan dibahas mengenai ciri-ciri orang bossy dan cara menghadapinya yang patut diketahui.

Ciri Orang Bossy

Ilustrasi ciri orang bossy. Foto: Pixabay
Dalam buku Personality Plus karya Florence Litteur, manusia dibagi ke dalam empat jenis dan salah satunya adalah tipe koleris yang digambarkan sebagai pribadi yang bossy.
Orang bossy dikatakan adalah koleris yang tidak bisa mengontrol diri dengan baik. Karena itu, munculah orang yang suka meraja atau menjadi bos.
Dikutip dari buku Biar Kamu Tau Cinta karya Nino Zenjaya juga dalam buku 33 Ways to Increase of Self Motivation karya Aris Hartanti, berikut adalah ciri-ciri orang bossy.
ADVERTISEMENT
Orang bossy memang bisa menjadi sukses saat dia benar-benar memiliki kemampuan dalam pekerjaan. Namun, ia juga bisa gagal kalau hanya mengandalkan orang lain atau bawahan.
Selain itu, orang bossy akan membuat rekan kerja atau anak buah menjadi tertekan. Orang lain tidak bisa mengutarakan pendapat dan tidak punya inisiatif. Mereka juga tidak boleh melakukan kesalahan.
Salah satu tips untuk menghadapi orang yang bossy adalah harus sering memuji bahkan menjilat kalau diperlukan. Jangan ragu mendekat saat si bossy sedang murung.
Bersikap santai dan ajak orang yang bossy untuk berbincang. Tujuannya agar mereka mau bercerita pada kita mengenai masalahnya sehingga perlahan bisa membangun kedekatan.
Hal tersebut bisa dilakukan terus menerus dan kalau berhasil, orang yang bossy akan kembali tanpa diminta. Dia akan jadi lebih terbuka dan tampak membutuhkan orang lain di sisinya.
ADVERTISEMENT
Demikian pembahasan mengenai ciri orang bossy dan cara menghadapinya yang patut diketahui. (SP)