3 Cara Berdamai dengan Masa Lalu untuk Hidup Lebih Tentram

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
14 Maret 2023 14:27 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi foto cara berdamai dengan masa lalu agar hidup tentram. Sumber foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi foto cara berdamai dengan masa lalu agar hidup tentram. Sumber foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Orang yang mempunyai masa lalu buruk, biasanya akan selalu mencari cara untuk berdamai dengan masa lalu mereka agar hidup lebih tentram. Namun, terkadang mereka bingung bagaimana cara yang tepat untuk melupakan masa lalu.
ADVERTISEMENT
Nah, kali ini kita akan membahas lima cara berdamai dengan masa lalu agar hidup kamu lebih tenang dan tentram.

3 Cara Berdamai dengan Masa Lalu

Ilustrasi foto cara berdamai dengan masa lalu agar hidup tentram. Sumber foto: Pixabay
Setiap orang mempunyai masa lalu yang beragam. Ada masa lalu yang menyenangkan ataupun sedih. Jika kamu mempunyai masa lalu sedih dan membuat trauma, biasanya kamu akan sulit untuk melupakannya.
Saat kamu sulit untuk melupakan kenangan buruk, kamu akan merasa stress dan terus terbebani. Padahal setiap orang pasti ingin memiliki kehidupan yang damai tanpa terbebani oleh masa lalu.
Dalam buku Seni Melupakan dan Berdamai dengan Masa Lalu karya Dewi Indra, menyebutkan, melupakan apa yang telah terjadi dalam hidup kita sangatlah penting.
Kita tidak bisa mengubah dan memperbaiki masa lalu yang telah terjadi. Karena itu, pengalaman di masa lalu tidak boleh mengendalikan bagaimana kita berperilaku atau berpikir hari ini.
ADVERTISEMENT
Tanpa basa-basi lagi, mari langsung saja kita bahas bagaimana berdamai dengan masa lalu.

1. Memaafkan

Memaafkan masa lalu dapat membuat hidup kita lebih maju, karena dengan memaafkan, kita dapat menghilangkan perasaan marah dan benci, juga memungkinkan kita untuk meninggalkan apa yang telah terjadi di masa lampau.
Tahukah kamu bahwa orang yang memiliki sifat pemaaf, memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada orang yang tidak pemaaf. Sifat pemaaf ini dapat menghapus hubungan antara stress dan penyakit.

2. Lakukan Kegiatan Positif atau Mencari Hobi Baru

Nah, cara yang satu ini juga cukup ampuh untuk berdamai dengan masa lalu. Jika kita terus mempunyai kegiatan, kita akan lupa dengan hal-hal baru yang pernah terjadi di masa lampau.
Melakukan kegiatan yang kita sukai juga dapat memberikan kebahagiaan lho. Dengan ini, kamu bisa mengurangi stress dan berpikir positif.
ADVERTISEMENT

3. Cintai Dirimu

Terakhir, mencintai diri sendiri juga menjadi salah satu kunci penting. Anggaplah dirimu berharga, jika kamu selalu menanamkan pemikiran ini, kamu bisa melupakan hal-hal yang menganggumu untuk maju.
Nah, itu dia 3 cara untuk berdamai dengan masa lalu yang dijamin ampuh. Lupakanlah semua yang telah terjadi dan fokuslah pada masa depan. Jadikan masa lalumu sebagai pembelajaran. Walaupun sulit, kamu tetap tidak boleh menjadikan masa lalu sebagai bayang-bayang hidupmu. Semoga bisa membantu! (RAF)