3 Cara Membangun Karakter Kepemimpinan di Diri Kita sebagai Manusia Ideal

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
19 Maret 2023 18:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi : Cara Membangun Karakter Kepemimpinan di Diri Kita. Sumber :fauxels/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi : Cara Membangun Karakter Kepemimpinan di Diri Kita. Sumber :fauxels/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memiliki jiwa kepemimpinan bukan keajaiban yang bisa orang miliki begitu saja. Perlu usaha dan proses belajar yang panjang. Anda bisa gunakan cara membangun karakter kepemimpinan diri kita supaya bisa membentuk jiwa kepemimpinan manusia yang ideal.
ADVERTISEMENT
Sifat kepemimpinan juga sebagai acuan penilaian diri kita. Bahkan kepemimpinan dapat dilihat dari seseorang yang bisa diandalkan serta dikenang dengan baik. Hal itu bisa terjadi sebab seseorang mempunyai kedisiplinan yang luar biasa.

3 Cara Membangun Karakter Kepemimpinan di Diri Kita Sebagai Manusia Ideal

Ilustrasi : Cara Membangun Karakter Kepemimpinan di Diri Kita. Sumber: August de Richelieu/Pexeles.com
Agus Wijaya, dkk dalam bukunya yang berjudul Kepemimpinan Berkarakter : Untuk Para Pemimpin dan Calon Pemimpin Masa Depan menjelaskan bahwa efektivitas kepemimpinan sangat ditentukan oleh pengelolaan organisasi.
Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam pengelolaan organisasi adalah adanya rumusan tujuan dan sasaran yang jelas hingga adanya koordinasi secara periodik dan terus menerus, lancarnya komunikasi, dan adanya pemimpin yang efektif.
Agar karakter kepemimpinan muncul dari dalam diri kita, inilah cara yang bisa kita lakukan, yakni :
ADVERTISEMENT

1. Membuat To Do List per Minggu

Biasakan diri menulis target kegiatan tiap minggunya, ini untuk melatih diri menjadi lebih terencana dan produktif.
Tujuan lainnya, untuk mengetahui perkembangan diri dengan baik. Kita juga akan semakin fokus dengan kegiatan positif serta menguntungkan diri kita.

2. Habiskan Kurang Lebih 30 Menit untuk Membaca Buku

Membaca bisa melatih skill analytic yang kita miliki. Pola pikir akan semakin terasah tajam dan bisa melatih kemampuan dalam problem solving yang berkualitas.
Ketika kita memperbanyak wawasan bisa menjadi pondasi utama membentuk kepribadian kepemimpinan yang selalu berpegang teguh dengan prinsip kehidupan yang positif.
Kita tidak harus membaca buku dengan pergi ke perpustakaan, sebab ada buku yang bisa kita akses secara online. Akan lebih baik jika kita bisa membeli satu per satu buku, untuk investasi wawasan kita di masa depan.
ADVERTISEMENT

3. Perbanyak Bersosialisasi

Kita harus bisa memperluas relasi dengan mengenal banyak orang. Dengan demikian, kita bisa memperoleh banyak ilmu dari berbagai orang yang kita temui.
Semakin banyak mempunyai relasi baik dengan orang-orang, akan muncul hubungan timbal balik yang saling menguntungkan. Artinya, kita bisa belajar dan mengetahui sesuatu yang baru yang bisa melatih public speaking di depan banyak orang.
Itulah cara membangun karakter kepemimpinan dalam diri kita sebagai manusia ideal dengan perlahan dan mudah. Semoga bermanfaat.
(Eka)