4 Cara Melatih Jiwa Kepemimpinan demi Masa Depan Cemerlang

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
19 Maret 2023 14:24 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Melatih Jiwa Kepemimpinan. Sumber: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Melatih Jiwa Kepemimpinan. Sumber: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam artikel ini, kamu akan mengetahui bagaimana saja cara melatih jiwa kepemimpinan yang dapat kamu lakukan agar memiliki masa depan cemerlang.
ADVERTISEMENT
Dalam buku Aku Bangga Menjadi Guru; Peran Guru dalam Penguatan Nilai Karakter Peserta Didik menjelaskan bahwa jiwa kepemimpinan merupakan sikap pribadi yang dapat mengembangkan potensi dalam diri, menempatkan diri, hingga berpikir terbuka pada diri sendiri maupun lingkungan. Jiwa ini tidak dimiliki sendirinya, tetapi harus dibangun melalui kebiasaan seperti disiplin, kerjasama, dan jujur.

Cara Melatih Jiwa Kepemimpinan

Ilustrasi Cara Melatih Jiwa Kepemimpinan. Sumber: Pixabay
Adanya jiwa kepemimpinan akan membuat seseorang memiliki sifat-sifat positif seperti berani, berprinsip, mampu mengambil keputusan, dan masih banyak lagi.
Orang dengan jiwa kepemimpinan rendah tak perlu risau, karena dapat mengikuti beberapa cara di bawah ini untuk melatihnya:

1. Mempunyai Kemauan

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mempunyai jiwa kepemimpinan adalah mempunyai kemauan untuk terus belajar tentang hal baru.
ADVERTISEMENT
Wawasan dan pengetahuan merupakan hal yang dapat digunakan untuk mempengaruhi orang lain ketika memimpin. Semakin luas wawasan, maka cara memimpinpun akan semakin baik.

2. Percaya Diri

Setelah memiliki niat kuat, langkah berikutnya adalah melatih rasa percaya diri terhadap hal di sekitar. Adanya kepercayaan pada diri sendiri akan membantu untuk tampil lebih baik.
Perasaan tersebut secara tak langsung akan mengundang sikap optimis agar lebih maju.

3. Lebih Disiplin

Pemimpin yang baik tentu memiliki sikap disiplin dan tidak menunda-nunda suatu pekerjaan. Maka dari itu untuk memiliki jiwa kepemimpinan, kedisiplinan menjadi hal wajib yang harus dilatih.
Kedisplinan bisa dilatih dari hal terkecil. Misalnya bangun pagi, menepati janji, hingga menyelesaikan tugas tepat waktu.

4. Kemampuan Komunikasi

Pemimpin yang baik tentu mempunyai kemampuan komunikasi yang baik juga. Maka dari itu, melatih kemampuan dalam berkomunikasi harus dilakukan demi memiliki jiwa kepemimpinan.
ADVERTISEMENT
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Misalnya mempelajari kata-kata yang tepat maupun bahasa tubuh yang benar.
Nah, itu dia 4 cara melatih jiwa kepemimpinan yang dapat diterapkan. Semoga bermanfaat. (LAU)