4 Cara Self Healing di Rumah dengan Langkah Sederhana

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
12 Maret 2023 23:36 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Self Healing di Rumah. Sumber: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Self Healing di Rumah. Sumber: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Self healing merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyegarkan kembali pikiran setelah melewati berbagai kesibukan dan masalah.
ADVERTISEMENT
Muhammad Panji Asmoro, S.Kep dan Ns. Tatiana Siregar, S.Kep.,M.M.,M.Kep dalam buku Terapi Self Healing Menggunakan Metode Expressive Writing Therapy untuk Mengatasi Stres Kerja Perawat menjelaskan bahwa self healing biasa dikenal dengan penyembuhan diri.
Proses ini dilakukan untuk menggunakan kekuatan batin demi menyembuhkan diri dari luka batin, serta mencapai ketenangan dan kebahagiaan.

Bagaimana Cara Self Healing di Rumah?

Ilustrasi Cara Self Healing di Rumah. Sumber: Pixabay
Kebanyakan orang melakukan self healing dengan bepergian ke luar, misalnya ke gunung, pantai, atau sekedar ke mall. Tapi ternyata self healing juga bisa dilakukan di rumah, lho.
Selain menghemat anggaran, self healing di rumah juga akan membuat waktu lebih berguna. Berikut adalah beberapa cara self healing di rumah dengan langkah sederhana.

1. Membuat sugesti positif untuk diri sendiri

Kamu harus selalu mengingat bahwa setiap orang wajib menyayangi diri sendiri dengan memperbanyak bersyukur atas kenikmatan yang telah di berikan Tuhan kepada dirimu.
ADVERTISEMENT
Selain itu, cobalah untuk belajar damai dengan diri sendiri atas kesalahan, kekhilafan, atau bahkan kekurangan dalam diri. Caranya bisa dengan menggunakan meditasi atau belajar mengatur nafas dengan serelaks mungkin.

2. Lebih Banyak Melakukan Hobi

Cara yang dapat dilakukan berikutnya adalah dengan melakukan hobi, misalnya mencoba bercocok tanam atau merawat tanaman di rumah, melukis, menggambar, atau sekedar membaca buku.
Siapapun pasti merasa senang saat melakukan hobi mereka. Inilah mengapa meluangkan waktu untuk hobi dapat membuat pikiran menjadi lebih santai.

3. Fokus Beristirahat

Kurang tidur juga bisa mengakibatkan ketegangan dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan membuat tubuh membutuhkan istirahat.
Maka dari itu tak ada salahnya meluangkan satu hari khusus untuk beristirahat di dalam rumah. Kamu bisa tidur lebih lama, atau melakukan hal-hal santai yang akan mengembalikan energi dalam tubuhmu.
ADVERTISEMENT

4. Mendengarkan Musik

Bagi sebagian orang, musik dapat menjadi obat untuk mengembalikan tenaga yang terkuras setelah menjalani hari-hari yang berat. Kamu dapat melakukan kegiatan ringan di dalam rumah sembari menyetel lagu kesukaanmu.
Nah, itu dia 4 cara self healing yang bisa kamu lakukan. Mana yang ingin kamu coba? (LAU)