Konten dari Pengguna

5 Cara agar Tidak Insecure Karena Wajah Kurang Menawan

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
26 Februari 2024 18:32 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara agar tidak insecure karena wajah. Foto: Zhu Liang/Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara agar tidak insecure karena wajah. Foto: Zhu Liang/Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Cara agar tidak insecure karena wajah bisa dilakukan dengan berlatih self talk positif, fokus terhadap kelebihan, hingga memberi penghargaan pada diri sendiri.
ADVERTISEMENT
Inilah berbagai tips lain untuk tahu cara agar tidak insecure karena wajah yang mudah diterapkan.

Cara agar Tidak Insecure Karena Wajah Kurang Cantik atau Tampan

Ilustrasi cara agar tidak insecure karena wajah. Foto: M./Unsplash
Rasa insecure karena wajah yang dinilai kurang cantik atau tampan sering dialami oleh banyak orang. Terlebih apabila bersanding atau bertemu dengan orang lain yang wajahnya menawan. Kepercayaan diri seakan runtuh.
Dilansir psychology.binus.ac.id, sikap percaya diri perlu dipupuk sejak dini. Kepercayaan diri adalah keyakinan seseorang terhadap diri sendiri atau kemampuan yang dimiliki. Beberapa faktor yang memengaruhi kepercayaan diri seseorang antara lain pengalaman hidup hingga kondisi fisik.
Sejatinya, perasaan kurang percaya diri adalah sesuatu yang wajar, asalkan tidak berlangsung terus menerus hingga mengganggu kesehatan fisik serta mental. Termasuk insecure karena wajah yang kurang menawan.
ADVERTISEMENT
Berikut beberapa cara agar tidak insecure karena wajah:

1. Berlatih Self Talk Positif

Musuh terbesar dalam kehidupan bukanlah orang lain melainkan diri sendiri. Kamu yang tahu seperti apa dirimu, termasuk kelebihan serta kekurangan diri.
Penting untuk memulai hari dengan optimis agar segala aktivitas berjalan lebih mudah. Sampaikan afirmasi atau self talk positif terhadap diri sendiri sehingga segalanya dapat dilalui dengan penuh semangat dan lancar.

2. Fokus pada Kelebihan Diri

Tatkala menerima komentar jelek dari orang sekitar tentang wajahmu, sebaiknya abaikan saja. Fokuslah pada kelebihan yang kamu miliki dan tanamkan pada diri sendiri supaya tidak minder atau merespons negatif ucapan orang lain.
Tunjukkan prestasi serta keterampilan yang kamu punya sehingga lama kelamaan orang bakal melihat keunggulan tersebut, alih-alih menilai wajah serta fisik.
ADVERTISEMENT

3. Melawan Pikiran Negatif

Lawan pikiran negatif tentang wajah dan fisik yang tiba-tiba melintas. Pahami bahwa kondisi wajah serta fisik tidak dapat mendefinisikan siapa kamu sebenarnya.

4. Melakukan Hal-hal Menyenangkan

Daripada minder terus menerus akibat wajah yang kurang memesona, lebih baik mengalihkan pikiran dan lakukan berbagai hal menyenangkan.
Pikirkan liburan bersama teman dan keluarga, berolahraga, berbelanja, atau sekadar nongkrong di kafe. Bukan hanya itu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas satu frekuensi dan saling berbagi cerita seru di sana.

5. Memberi Penghargaan pada Diri Sendiri

Cara berikutnya untuk menghalau perasaan insecure akibat wajah yaitu dengan memberi reward atau penghargaan pada diri sendiri. Ucapkan terima kasih pada dirimu sebab telah mau berjuang dan kuat hingga saat ini.
Reward tidak harus mahal, kamu bisa mencoba kuliner yang selama ini diincar, membeli barang impian, solo traveling, menonton film, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Itulah berbagai cara agar tidak insecure karena wajah kurang cantik maupun tampan. Selain beberapa cara yang sudah disebutkan, penting pula meningkatkan rasa syukur terhadap apa yang dimiliki sehingga insecure bakal terkikis. (DN)