5 Cara Bersikap Dewasa dalam Kehidupan untuk Menyelesaikan Masalah

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
15 Maret 2023 15:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Bersikap Dewasa dalam Kehidupan. Sumber: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Bersikap Dewasa dalam Kehidupan. Sumber: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Bersikap dewasa dalam menyelesaikan permasalahan bisa memberi banyak manfaat. Mulai dari berkembangnya keberanian, lebih mandiri, tegas mengambil keputusan, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Mari terapkan beberapa cara bersikap dewasa dalam kehidupan berikut ini untuk menyelesaikan berbagai macam masalah Anda.

Cara Bersikap Dewasa dalam Kehidupan

Ilustrasi Cara Bersikap Dewasa dalam Kehidupan. Sumber: Pixabay
A. Handoyo dalam buku Meditasi dan Pencerahan Dini mengatakan bahwa sikap dewasa adalah hal sulit yang tidak dapat dilakukan banyak orang, terutama dalam menyelesaikan suatu masalah.
Memang kedewasaan seseorang tidak diukur dari usia, melainkan dari bagaimana ia bersikap saat menghadapi segala sesuatu. Oleh sebab itu, Anda bisa menerapkan 5 cara bersikap dewasa dalam kehidupan ini untuk menyelesaikan masalah.

1. Bertanggung Jawab

Setiap orang tidak bisa mengendalikan orang lain. Hanya diri sendirilah yang dapat dikontrol. Maka dari itu, tanggung jawab terhadap diri sendiri lebih besar dibandingkan pada orang lain.
Maka dari itu, untuk bersikap dewasa seseorang harus mengatur perilaku mereka sendiri. Selain itu juga memikirkan apakah tindakan yang akan dilakukan memberi pengaruh pada orang lain.
ADVERTISEMENT

2. Mengendalikan Emosi

Tak jarang seseorang yang dikuasai emosi justru akan memperkeruh suasana. Rasa marah dalam diri harus dikuasai dengan baik agar tidak menyesal di belakang.
Seorang yang dewasa akan meneliti situasi sebelum akhirnya menata kalimat untuk dilontarkan. Dengan begitu, masalah dapat selesai dengan baik.

3. Jangan Menyalahkan Orang Lain

Cara berikutnya untuk bersikap dewasa adalah dengan tidak menyalahkan orang lain. Pasalnya, menyalahkan orang lain bukan hal baik dan sangat tidak dewasa.
Sikap dewasa ditunjukkan dengan mengakui tindakan diri sendiri serta meminta maaf apabila telah melakukan suatu kesalahan.

4. Jangan Menunda-nunda

Sikap menunda suatu pekerjaan justru akan memberi dampak buruk di kemudian hari. Salah satunya adalah menyebabkan stres dan kesusahan.
Maka dari itu, untuk bersikap dewasa seseorang harus berhenti menunda dan segera mengerjakan pekerjaan maupun tugas mereka.
ADVERTISEMENT

5. Jangan Berpikir Negatif

Adanya pikiran negatif akan mempengaruhi seseorang dalam bersikap dan terbuai dalam emosi. Untuk menerapkan sikap dewasa, usir segala pemikiran negatif yang muncul.
Pikiran positif harus selalu dipupuk sehingga segala rintangan akan terasa mudah saat dilewati.
Nah, itulah 5 cara untuk bersikap dewasa dalam menghadapi segala permasalahan dalam kehidupan. Yuk, terapkan mulai sekarang. (LAU)