5 Cara Lepas dari Hubungan Toxic yang Mengganggu Kesehatan Mental

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
4 Maret 2024 20:17 WIB
ยท
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Cara Lepas dari Hubungan Toxic. Foto: dok. Unsplash/Priscilla Du Preez ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฆ
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Cara Lepas dari Hubungan Toxic. Foto: dok. Unsplash/Priscilla Du Preez ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฆ
ADVERTISEMENT
Cara lepas dari hubungan toxic merupakan hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga kestabilan mental. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan meyakini bahwa diri sendiri sangatlah berharga.
ADVERTISEMENT
Selain cara tersebut, masih ada beberapa cara lainnya yang dapat dilakukan untuk dapat terlepas dari adanya hubungan yang toxic.

Cara Lepas dari Hubungan Toxic yang Penting untuk Dilakukan

Ilustrasi Cara Lepas dari Hubungan Toxic. Foto: dok. Unsplash/Priscilla Du Preez ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฆ
Dikutip dari buku berjudul Renungan Pagi Edisi Oktober 2022, yang disusun oleh Tim Redaksi Bahana (2022: 28), toxic relationship dapat didefinisikan sebagai hubungan yang tidak sehat dengan pasangan, teman, rekan kerja, atau keluarga yang berisiko menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan fisik dan mental.
Hubungan toxic yang ada di lingkungan sekitar tentu perlu diselesaikan agar tidak mengganggu kestabilan dan kondisi kesehatan mental.
Untuk membantu keluar dan lepas dari hubungan yang beracun, berikut ini beberapa cara lepas dari hubungan toxic yang dapat diterapkan.
ADVERTISEMENT

1. Menerima dan Mengakui Adanya Kesalahan dalam Hubungan

Meski tidak mudah, kita perlu mengakui dan menerima bahwa sifat toxic dalam hubungan dapat merusak kondisi kesehatan mental. Sebaiknya kita tidak terus menerus menyangkal adanya fakta bahwa hubungan yang dijalin sangatlah toxic dan merugikan diri sendiri bahkan orang sekitar kita.

2. Belajar Lebih Menghargai Diri Sendiri

Hubungan yang toxic tak jarang membuat diri sendiri merasa kurang berharga. Hal ini tentu bukanlah suatu yang baik bahkan menghambat kita untuk keluar dari hubungan yang toxic. Oleh sebab itu sebaiknya perlu disadari bahwa diri kita sangat berharga dan layak untuk dicintai dan dihargai orang lain.

3. Tetapkan Batasan dengan Orang yang Terlibat dalam Hubungan Toxic

Jika kita terus menerus berhubungan dengan orang yang memiliki sikap toxic, maka kan membuat diri kita akan kesulitan untuk keluar dari lingkaran hubungan yang beracun dan dapat merugikan diri sendiri serta orang lain.
ADVERTISEMENT
Jaga jarak dengan orang yang memiliki sikap toxic dan banyak terlibat dalam hubungan yang toxic agar kita dapat keluar dari zona berbahaya tersebut.

4. Mencari Support System

Untuk dapat keluar dari hubungan toxic tidaklah mudah. Oleh sebab itu, perlu memperbanyak interaksi dengan orang-orang yang dapat memberikan dukungan, semangat, dan energi positif untuk dapat keluar dari hubungan yang toxic.

5. Susun Rencana untuk Keluar dari Hubungan Toxic

Agar dapat keluar dari hubungan yang beracun, sebaiknya kita menyusun rencana dengan baik mengenai apa saja yang seharusnya dilakukan untuk keluar dari hubungan yang beracun. Selain itu, penting juga untuk menyusun rencana apa saja hal yang dapat dilakukan setelah berhasil keluar dari hubungan toxic.
Sekian pembahasan mengenai cara lepas dari hubungan toxic yang dapat dilakukan. Semoga bermanfaat untuk menjaga agar kondisi mental tetap stabil. (DAP)
ADVERTISEMENT