5 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Berlebihan agar Hidup Tenang

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
6 Januari 2024 23:36 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cemburu berlebihan. Sumber foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cemburu berlebihan. Sumber foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Cara menghilangkan rasa cemburu berlebihan merupakan hal yang penting untuk diketahui, agar hidup lebih tenang kedepannya, tanpa harus memikirkan hal-hal yang belum tentu terjadi dalam hidup kita.
ADVERTISEMENT
Salah satu cara yang tepat dalam menghilangkan cemburu berlebihan adalah membangun rasa percaya diri sehingga tidak perlu takut tersaingi dengan orang lain.
Selain itu, masih ada sejumlah cara menghilangkah rasa cemburu lainnya. Simak selengkapnya di sini.

Cara Menghilangkan Rasa Cemburu

Ilustrasi cemburu berlebihan. Sumber foto: Pexels
Cemburu adalah perasaan yang wajar dialami oleh setiap orang dalam hubungan percintaan. Umumnya, emosi ini muncul sebagai bentuk proteksi terhadap pasangan agar terhindar dari perselingkuhan.
Namun, jika terlalu berlebihan dan membuat pasangan sulit untuk berinteraksi dengan lawan jenis. Cemburu dapat membawa petaka pada sebuah hubungan yang akhirnya berujung pada kehancuran.
Dikutip dari situs Times of India, kecemburuan juga dapat membuat seseorang terkena gangguan mental, seperti stres dan depresi. Bahkan, kondisi ini bisa juga berdampak pada fisik individu.
ADVERTISEMENT
Karena itu, untuk menghindari hal ini terjadi, penting bagi setiap orang mengetahui cara menghilangkan rasa cemburu yang berlebihan. Bagaimana caranya? Berikut ini penjelasannya.

1. Temukan Pemicunya

Langkah pertama untuk menghilangkan rasa cemburu adalah menemukan akar dari permasalahan. Sebab, setiap rasa cemburu pasti ada pemicu atau penyebabnya. Dengan begitu, setiap orang dapat menemukan solusi dengan mudah.

2. Bangun Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri yang rendah juga kerap memicu kecemburuan berlebihan.
Oleh karena itu, membangun rasa percaya diri serta bersyukur dengan segala kelebihan yang ada dapat membuat pasangan merasa lebih bangga dan tidak cemburuan.

3. Beri Ruang untuk Pasangan

Selanjutnya, cobalah untuk tidak membatasi ruang gerak dan kebebasan pasangan hanya karena cemburu. Biarkan pasangan menjalani hobi dan bertemu temannya sehingga bisa tenang dalam menjalani kehidupan.
ADVERTISEMENT

4. Fokus Pada Diri Sendiri

Selanjutnya, fokuskan energi hanya untuk memikirkan diri sendiri. Dengan ini, setiap pasangan dapat lebih fokus pada tujuan hidup, karier, keluarga, dan minat sendiri, tanpa perlu merasa kecemburuan.

5. Hindari Prasangka Buruk

Ketika melihat pasangan dekat dengan lawan jenis, hindari untuk berprasangka buruk. Alih-alih menuduh, berikan ia kesempatan untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi.
Demikian sejumlah cara untuk menghilangkan rasa cemburu. Semoga membantu! (RN)