Konten dari Pengguna

5 Cara Menolak Ajakan Teman untuk Pergi dengan Sopan

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
28 Februari 2024 23:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara menolak ajakan teman untuk pergi. Sumber: Andrea Piacquaido/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara menolak ajakan teman untuk pergi. Sumber: Andrea Piacquaido/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ketika teman mengajak untuk pergi, kamu mungkin ingin menolaknya tetapi sungkan. Oleh sebab itu, mengetahui cara menolak ajakan teman untuk pergi perlu kamu pahami agar tidak menyinggungnya.
ADVERTISEMENT
Anjarsari dan Syaifudin dalam Hubungan Teman Bermain dengan Sikap terhadap Kebiasaan Merokok pada Siswa di SMP N 2 Turi Sleman Yogyakarta menyebutkan bahwa seseorang perlu bersikap tegas untuk menolak ajakan teman, terlebih lagi jika hendak melakukan tindakan buruk.
Untuk mengetahui informasi lebih lanjut seputar cara menolak ajakan teman untuk pergi, simak selengkapnya di artikel ini.

Cara Menolak Ajakan Teman untuk Pergi

Ilustrasi cara menolak ajakan teman untuk pergi. Sumber: Elle Hughes/pexels.com
Ketika seseorang mengajakmu pergi, tetapi kamu ingin menolak, coba ungkapkan dengan sopan. Apabila masih bingung, berikut ini adalah beberapa cara menolak ajakan teman untuk pergi:

1. Menjelaskan Alasan

Salah satu cara menolak ajakan teman untuk pergi adalah menjelaskan alasan kamu tidak dapat pergi. Hindari mengutarakan alasan dengan berbohong.
Di sisi lain, ucapkan terima kasih terlebih dulu. Setelah itu, sampaikan alasan penolakanmu secara sopan dan halus. Hal itu akan membuatnya memahamimu.
ADVERTISEMENT

2. Berikan Alternatif

Cara menolak ajakan teman untuk pergi selanjutnya adalah memberikan alternatif lainnya. Apabila kamu merasa tidak dapat menerima tawarannya, coba untuk memberikan alternatif. Misalnya adalah dengan mengagendakan acara lainnya atau mengajaknya makan malam bersama.

3. Hindari Berbohong

Cara menolak ajakan teman untuk pergi berikutnya adalah menghindari berbohong ketika memberikan alasan. Pasalnya, hal itu bisa menimbulkan masalah dan mengganggu pertemanan. Maka dari itu, utarakan alasannya dengan sopan dan jujur.

4. Bersikap Tegas

Cara menolak ajakan teman untuk pergi berikutnya adalah bersikap tegas. Ungkapkan alasan secara tegas dan singkat. Di samping itu, berikan pula penjelasan dengan jelas agar temanmu memahaminya.

5. Menghargai Ajakannya

Cara menolak ajakan teman untuk pergi lainnya adalah menghargai ajakannya. Meskipun kamu menolaknya dan tidak bisa menerima ajakan teman, tetapi bukan berarti kamu harus bersikap seenaknya.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, tetap hargai ajakannya dan bersikap sopan. Hal itu akan membantu mempertahankan hubungan baik.
Demikian sederet informasi mengenai cara menolak ajakan teman untuk pergi. [ENF]