5 Cara Sehat Mengungkapkan Rasa Cemburu yang Selama Ini Terpendam

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
6 Januari 2024 23:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cemburu. Sumber foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cemburu. Sumber foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Cara sehat mengungkapkan rasa cemburu yang selama ini terpendam memang sedikit sulit untuk dilakukan. Pasalnya, jika tidak menangani emosi dengan baik, kemarahan dan kebencian bisa meledak-ledak.
ADVERTISEMENT
Namun, mengungkapkan rasa cemburu dengan sehat memang penting untuk diketahui, agar hubungan tidak rusak dan hancur begitu saja. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Sehat Mengungkapkan Rasa Cemburu

Ilustrasi cemburu. Sumber foto: Pexels
Cemburu merupakan emosi yang normal dialami dalam hubungan percintaan. Biasanya perasaan ini muncul sebagai bentuk protektif terhadap pasangan agar terhindar dari perselingkuhan.
Dilansir dari situs Times of India, kecemburuan bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan mental dan fisik seseorang, yang akhirnya berujung pada stres serta depresi, jika tidak segera ditangani.
Untuk menghindari terjadinya hal ini, penting bagi setiap orang untuk mengungkapkan rasa cemburu pada pasangannya. Namun, penyampaiannya harus dilakukan dengan baik dan tanpa emosi.
Tujuannya agar pasangan bisa memahami penyebab cemburu dan menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Lalu, bagaimana cara sehat mengungkapkan rasa cemburu? Berikut penjelasannya.
ADVERTISEMENT

1. Introspeksi Diri

Umumnya, seseorang yang memiliki kepercayaan diri rendah, insecure, dan kesepian adalah individu yang mudah cemburu pada pasangannya. Karena itu, sebelum berbicara dengan pasangan, ada baiknya untuk melakukan introspeksi diri.

2. Jangan Emosi

Ketika ingin mengungkapkan kecemburuan, ada baiknya untuk tidak termakan emosi, agar komunikasi dapat berjalan lancar. Coba ungkapkan dengan kepala dingin dan perasaan tenang, agar pembicaraan tidak berujung pada pertengkaran.

3. Beri Waktu

Respon setiap manusia pasti berbeda-beda, ketika kita menyampaikan rasa cemburu. Terkadang, ada yang menjadi kesal dan defensif saat diberi tahu. Reaksi ini umumnya normal terjadi sehingga untuk membuat pasangan mengerti, coba berikan ia ruang dan waktu.

4. Jangan Menuduhnyaa

Saat mulai berbicara dengan pasangan, hindari hal-hal yang dapat membuatnya merasa tersudutkan. Pertama-tama, cobalah untuk menceritakan kekhawatiran yang kita rasakan terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Selain itu, pemilihan kata juga sangat penting agar pasangan dapat memahami maksud dari pesan yang ingin disampaikan, serta menghindari timbulnya konflik.

5. Terapi

Cara terakhir untuk mengungkapkan kecemburuan secara sehat adalah meminta bantuan dari psikolog. Dengan ini, keduanya juga dapat mencari jalan keluar dari permasalahan yang ada.
Demikian sejumlah cara untuk mengungkapkan secara sehat. Semoga membantu! (RN)