5 Dampak Culture Shock bagi Kesehatan Mental yang tidak Boleh Disepelekan

Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
12 Maret 2023 19:06
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi foto dampak culture shock bagi kesehatan mental. Sumber foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi foto dampak culture shock bagi kesehatan mental. Sumber foto: Pexels
Culture shock atau biasa disebut gegar budaya adalah suatu perasaan tertekan saat seseorang berada dalam lingkungan dan budaya baru. Siapa sangka bahwa dampak culture shock bisa memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan mental dan tidak boleh disepelekan. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas hal itu.

5 Dampak Culture Shock bagi Kesehatan Mental yang tidak Boleh Disepelekan

Ilustrasi foto dampak culture shock bagi kesehatan mental. Sumber foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi foto dampak culture shock bagi kesehatan mental. Sumber foto: Pexels
Pernahkah kamu mengalami culture shock? Kalau kamu anak rantau yang pergi jauh ke luar kota bahkan negara, pasti kamu pernah mengalami hal ini.
Dra. Nanik Suratmi dalam buku Multikultural: Karya Pelestarian Kearifan Lokal Kesenian, culture shock adalah istilah psikologis untuk menggambarkan keadaan seseorang menghadapi lingkungan sosial dan budaya yang berbeda.
Sebagian orang menganggap culture shock hanyalah masalah yang sepele. Padahal hal ini juga bisa berdampak buruk pada kesehatan mental dan kondisi fisik, loh. Orang yang mengalami culture shock biasanya akan merasa pusing, cemas, bahkan frustasi.
Nah, di bawah ini kita akan membahas apa saja dampak culture shock bagi kesehatan mental yang tidak boleh disepelekan.

1. Khawatir Berlebihan

Saat kamu berada di lingkungan dan suasana baru, ditambah harus bertemu dengan orang baru, pasti kamu akan merasa khawatir, bukan? Nah, begitulah perasaan yang dialami oleh penderita culture shock. Namun, biasanya kekhawatiran mereka begitu parah sehingga mengaruhi kesehatan mental.

2. Sulit Berkonsentrasi

Siapa yang sangka kalau culture shock juga dapat membuat kamu sulit untuk berkonsentrasi. Hal ini dikarenakan suasana baru dan perasaan asing yang kamu rasakan, membuat kamu tidak terbiasa dan membuat kamu menjadi tidak fokus.

3. Mudah Menangis

Jauh dari orang tua, keluarga, dan teman akan membuat orang jadi mudah menangis. Perasaan rindu yang mereka alami biasanya akan membuat seseorang menjadi lebih sensitif. Hal ini tentu saja wajar, namun jika sedih berlebihan, maka kita akan sulit untuk menikmati kehidupan di tempat baru.

4. Gampang Tersinggung

Orang yang mengalami gegar budaya, biasanya akan merasa kesepian dan terasingkan, hal inilah yang membuat mereka lebih mudah tersinggung. Selain itu, tekanan stress yang tinggi juga menjadi salah satu faktor pendukung.

5. Depresi

Terakhir, jika kamu mengalami culture shock yang sudah parah, maka bisa saja hal ini memengaruhi kesehatan mentalmu hingga ke tahap depresi. Jika kamu tidak ingin hal ini terjadi, kurangi sedih berlebihan dan segera beradaptasi dengan suasana baru.
Nah, itu dia 5 dampak bagi kesehatan mental dan tidak boleh disepelekan. Memang awalnya sulit untuk berada di suasana dan lingkungan baru, tapi usahakan untuk tidak sedih berlebihan.
Berbaurlah dan beradaptasi secepatnya agar lima hal di atas tidak terjadi padamu. Semoga bermanfaat ya! (RAF)