Konten dari Pengguna

5 Perbedaan Cowok dan Cewek Saat Patah Hati

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
17 Desember 2023 22:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi : Perbedaan Cowok dan Cewek Saat Patah Hati. Sumber : Alex Green/Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi : Perbedaan Cowok dan Cewek Saat Patah Hati. Sumber : Alex Green/Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Patah hati bagi pasangan merupakan sesuatu yang sangat dihindari. Namun, sebuah hubungan akan ada masanya berakhir, misalnya harus putus. Perbedaan cowok dan cewek saat patah hati karena putus ini sangat berbeda. Lantas apa perbedaannya?
ADVERTISEMENT
Agar semakin tahu, simak dalam uraian di bawah ini!

Perbedaan Cowok dan Cewek Saat Patah Hati

Ilustrasi : Perbedaan Cowok dan Cewek Saat Patah Hati. Sumber : Vera Arsic/Pexels.com
Akata dalam buku berjudul Baca Buku Ini Saat Engkau Patah Hati, menjelaskan bahwa hubungan yang berakhir tentu sangat menyakitkan bagi cowok maupun cewek. Adapun respon cewek dan cowok saat patah hati adalah :

1. Perbedaan Waktu Untuk Move On

Cowok yang sedang patah hati biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk menyembuhkan lukanya. Sehingga mereka juga cukup lama untuk move on. Memang cowok akan berusaha menyibukkan diri, namun faktanya cowok tidak mudah melupakan masa lalunya.
Sedangkan bagi cewek tidak membutuhkan waktu lama untuk move on. Cewek yang sedang patah hati akan berusaha merubah penampilannya dan menaikkan value dirinya.

2. Perbedaan Sikap

Cewek ketika sedang putus cinta akan lebih emosional. Amarah yang dirasakan cewek juga berdampak kepada kebiasaan merusak dirinya sendiri. Contohnya, cewek memilih bunuh diri saat sedang patah hati.
ADVERTISEMENT
Sedangkan saat cowok sedang patah hati, mereka cenderung tidak peduli dan terkesan biasa-biasa saja. Cowok tidak menunjukkan perasaan sedihnya dengan mudah kepada khalayak ramai. Meski dalam beberapa kondisi cowok juga merasa sangat terpukul.

3. Perbedaan akan Keterbukaan Masalah

Cewek yang sedang patah hati akan berani bercerita kepada orang kepercayaan, baik sahabat maupun keluarga. Sehingga kondisi cewek semakin bagus dan dia bisa menerima saran dari berbagai pihak.
Sedangkan cowok yang sedang patah hati akan berusaha menyimpan lukanya sendiri. Sebagian besar cowok akan mencari tahu alasan berakhirnya hubungan serta akan dijadikan pelajaran saat menjalin asmara selanjutnya.

4. Perbedaan Kebiasaan

Cewek yang sedang patah hati cenderung tidak mood melakukan apapun. Mereka akan menghabiskan hari untuk menangis dan bercerita kepada orang kepercayaan.
ADVERTISEMENT
Namun, bagi cowok yang sedang patah hati, mereka akan langsung menyibukkan diri dengan kegiatan yang dia sukai. Misalnya main game, bermain basket, memancing, dan lain sebagainya.

5. Perbedaan dari Segi Dampaknya

Cewek yang patah hati sepertinya tidak merasakan dampak yang berarti, bahkan mereka sudah bisa kembali membuka hati untuk menjalin hubungan dengan cowok lain.
Sedangkan cowok yang sedang patah hati cenderung menutup diri lebih lama, sebab masih trauma dengan hubungan yang dijalaninya.
Demikianlah penjelasan tentang perbedaan cowok dan cewek saat patah hati yang perlu diketahui. Semoga membantu! (Ek)