Konten dari Pengguna

6 Cara Mengatasi Superiority Complex dengan Tepat dan Efektif

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
3 Maret 2024 23:28 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Iustrasi cara mengatasi superiority complex. Sumber: VIRGIMALDONADO/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Iustrasi cara mengatasi superiority complex. Sumber: VIRGIMALDONADO/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Superiority complex adalah suatu mekanisme pertahanan diri ketika seseorang merasa insecure sehingga dirinya berusaha untuk menunjukkan kemampuannya secara berlebihan. Sikap ini tergolong kebiasaan negati sehingga penting untuk mengetahui cara mengatasi superiority complex tersebut.
ADVERTISEMENT
Fernandya dan Hidayat dalam Perancangan Media Informasi Untuk Mengatasi Insecure Pada Perempuan Dewasa Awal mengungkapkan bahwa rasa tidak percaya diri atau rendah diri bisa diatasi dengan mencoba menerima kekurangan diri.
Untuk mengetahui cara mengatasi superiority complex yang tepat, simak selengkapnya di artikel ini.

Cara Mengatasi Superiority Complex

Ilustrasi cara mengatasi superiority complex. Sumber: cottonbro studio/pexels.com
Superiority complex adalah sikap seseorang yang menunjukkan jika dirinya merasa lebih baik dibandingkan orang lain tanpa adanya bukti nyata. Hal ini sering kali membuat seseorang semakin rendah diri dan insecure sehingga perlu diatasi.
Adapun cara mengatasi superiority complex adalah sebagai berikut.

1. Berani Meminta Bantuan pada Orang Lain

Salah satu cara mengatasi superiority complex adalah jangan ragu untuk meminta bantuan kepada orang lain. Ketika merasa tidak mampu melakukan sesuatu, hindari sikap denial dan beranikan diri untuk meminta bantuan kepada orang lain. Pasalnya, meminta bantuan termasuk sebagai sikap yang wajar.
ADVERTISEMENT

2. Mengakui Kekurangan Diri

Cara mengatasi superiority complex berikutnya adalah mengakui kekurangan diri. Pada dasarnya, setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Oleh sebab itu, coba untuk mengakui kekurangan diri dan berusaha memperbaikinya. Hal ini akan membantu menghilangkan rasa insecure.

3. Melakukan Afirmasi Positif Setiap Hari

Cara mengatasi superiority complex selanjutnya adalah melakukan afirmasi positif setiap hari.
Mengucapkan kalimat positif kepada diri sendiri di depan kaca atau menuliskannya akan membantu meningkatkan rasa percaya diri dan membuatmu lebih bangga terhadap diri sendiri.

4. Menghabiskan Waktu dengan Lingkungan Positif

Cara mengatasi superiority complex berikutnya adalah menghabiskan waktu dengan lingkungan positif. Sebab, lingkungan tempatmu bergaul akan memengaruhi perasaan dan pola pikirmu.
Di sisi lain, lingkungan positif bisa memberimu energi yang baik dan menjadi support system. Dengan begini, kamu tidak akan merasa berjuang sendirian.
ADVERTISEMENT

5. Mau Belajar Hal Baru

Cara mengatasi superiority complex lainnya adalah mau belajar hal baru. Rasa rendah diri bisa terjadi ketika kamu merasa jika kemampuanmu kurang dari orang lain.
Oleh sebab itu, agar menghindari sikap superiority complex, sebaiknya beranikan diri untuk belajar hal baru dan menggali kelebihan diri sendiri.

6. Terapi

Cara mengatasi superiority complex yang terakhir adalah dengan melakukan terapi. Seorang ahli akan membantu penderita superiority complex untuk mengenali diri sendiri dan menemukan solusi yang tepat.
Di samping itu, terapi juga dilakukan untuk mengubah pemikiran negatif menjadi lebih positif dan mengatasi perasaan lemah.
Demikian penjelasan seputar cara mengatasi superiority complex yang bisa kamu lakukan. [ENF]