7 Cara Mengembangkan Growth Mindset dalam Kehidupan

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
15 November 2023 20:32 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi growth mindset dalam kehidupan. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi growth mindset dalam kehidupan. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Terdapat berbagai cara mengembangkan growth mindset dalam kehidupan. Salah satunya melihat masalah yang datang sebagai tantangan dan pengalaman sehingga menjadi selalu positif.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, masih ada beberapa cara mengembangkan growth mindset dalam kehidupan yang dapat diikuti. Untuk penjelasan lebih lengkap, simak di bawah ini.

Deretan Cara Mengembangkan Growth Mindset dalam Kehidupan

Ilustrasi growth mindset dalam kehidupan. Sumber foto: Unsplash
Dalam hidup, membangun pola pikir atau mindset akan sangat membantu dalam meraih kesuksesan. Pasalnya, pola pikir dapat membantu manusia untuk memahami dirinya sendiri.
Seorang Psikolog dari Universitas Stanford, yakni Carol Dweck, membagi pola pikir atau mindset menjadi dua jenis yakni growth mindset dan fixed mindset.
Dalam buku Growth Mindset dan Fix Mindset di Dunia Kerja karya Alea, growth mindset adalah pola pikir berkembang yang dapat membantu manusia dalam meraih kesuksesan.
Mereka yang memiliki growth mindset percaya bahwa bakat atau kemampuan yang dimiliki sejak kecil dapat ditingkatkan, jika ingin terus berusaha. Dengan pola pikir ini, kita dapat menjadi lebih positif.
ADVERTISEMENT
Lalu, bagaimana cara untuk mengembangkan growth mindset dalam kehidupan sehari-hari? Berikut penjelasannya.

1. Lihat Tantangan sebagai Kesempatan

Langkah pertama dalam mengembangkan growth mindset adalah menganggap tantangan yang terjadi sebagai kesempatan untuk mendapatkan pengalaman, mengasah keterampilan, dan meningkatkan pengetahuan.

2. Berhenti Haus Pengakuan

Saat mengembangkan growth mindset, penting untuk berhenti haus pengakuan dari orang lain. Cobalah untuk fokus mencapai tujuan demi kepuasan diri sendiri.

3. Fokus pada Proses

Growth mindset lebih menekankan pentingnya proses daripada hasil akhir. Karena itu, penting untuk selalu fokus dalam mencapai tujuan agar prosesnya berjalan dengan baik. Fokus pada proses juga dapat membantu kita untuk belajar dan berkembang.

4. Melihat Kesalahan sebagai Pengalaman

Untuk mengembangkan growth mindset, kita juga perlu mengubah perspektif dalam melihat kesalahan. Cobalah untuk memahami kesalahan adalah pengalaman yang dapat membantu meningkatkan diri dan maju.
ADVERTISEMENT

5. Gagal adalah Pengalaman

Cara untuk menerapkan growth mindset selanjutnya adalah menganggap kegagalan sebagai pengalaman baru. Dengan ini, kita tidak akan pernah takut untuk mencoba hal lain.

6. Tidak Takut Dikritik

Selanjutnya, untuk mengembangkan growth mindset, kita tidak perlu takut untuk dikritik. Anggaplah kritik sebagai pembelajaran dalam meningkatkan pengetahuan.

7. Terima Ketidaksempurnaan

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Oleh karena itu, penting untuk menerima ketidaksempurnaan di dalam diri sendiri agar growth mindset dapat berkembang.
Demikian penjelasan mengenai beberapa cara untuk meningkatkan growth mindset. Selamat mencoba! (RN)