7 Contoh Frugal Living yang Bisa Diterapkan Sehari-hari

Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
20 September 2023 21:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh frugal living. Sumber: Karolina Grabowska/pexels.com
ADVERTISEMENT
Frugal living adalah gaya hidup berhemat dan mengurangi kebiasaan boros. Salah satu contoh frugal living adalah mengurangi kebiasaan makan di luar.
ADVERTISEMENT
Prakosa dalam Edukasi Penggunaan Aplikasi Money Manager Untuk Perencanaan Finansial di Karang Taruna Kembaran menyebutkan bahwa kebiasaan frugal living bisa membantu individu untuk segera mencapai tujuan keuangannya.
Untuk mengetahui lebih lanjut seputar apa saja contoh frugal living, baca artikel ini sampai habis.

Contoh Frugal Living

Ilustrasi contoh frugal living. Sumber: Andrea Piacquadio/pexels.com
Memiliki penghasilan lebih mungkin adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi setiap individu dan berisiko mengubah gaya hidup menjadi lebih boros.
Bahkan, tak jarang dari mereka yang gemar membelanjakan penghasilannya untuk kebutuhan tidak penting.
Alhasil, mereka pun sulit menabung dan tujuan keuangannya tak kunjung tercapai. Itulah mengapa, menerapkan frugal living adalah hal penting.
Adapun beberapa contoh frugal living adalah.

1. Terbiasa Membeli Barang Bekas Pakai

Salah satu contoh frugal living adalah terbiasa membeli barang bekas yang masih layak pakai. Tak ada salahnya membeli barang bekas atau yang saat ini disebut dengan thrift. Hal ini tak perlu membuatmu merasa gengsi.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, masih banyak barang bekas yang layak pakai dan tentunya dijual dengan harga lebih murah. Itulah mengapa, kebiasaan lama ini justru sedang menjadi tren saat ini.

2. Mengurangi Kebiasaan Makan di Luar

Banyak para pekerja yang gemar ke restoran atau kafe untuk makan dengan alasan malas memasak. Padahal, kebiasaan ini justru bisa membuatmu lebih boros.
Nah, untuk mengurangi kebiasaan tersebut, kamu dapat mencoba memasak sendiri atau mencari makanan di warung makan dengan harga lebih murah.
Tak ada salahnya juga kamu membandingkan harga makanan di satu tempat ke tempat lain. Pasalnya, contoh frugal living ini akan membuatmu lebih hemat.

3. Menabung dan Investasi

Contoh frugal living selanjutnya adalah menabung dan investasi. Kebiasaan menabung dan investasi bisa membantumu agar lebih cepat mencapai kebebasan finansial.
ADVERTISEMENT
Kamu bisa menyisihkan setidaknya 20% dari gaji bulanan untuk ditabung dan diinvestasikan. Perlu dicatat, kamu juga harus melakukannya secara konsisten agar segera mencapai tujuan keuangan.

4. Membuat Rencana Pengeluaran

Contoh frugal living berikutnya adalah disiplin membuat rencana pengeluaran per bulan untuk mencegah kebiasaan boros.
Selain itu, kamu juga perlu mencatat setiap pengeluaran untuk memudahkanmu dalam melakukan evaluasi keuangan setiap bulan.

5. Manfaatkan Diskon

Contoh frugal living lainnya adalah memanfaatkan diskon atau promo saat hendak membeli barang yang diinginkan. Meski begitu, pastikan jika barang yang hendak kamu beli bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari.

6. Selektif dalam Memilih Transportasi

Saat pergi bekerja, beberapa orang mungkin ingin memperoleh kenyamanan di perjalanan, sehingga akan memilih transportasi yang terkesan nyaman meskipun harganya relatif mahal.
Dibandingkan harus memboroskan uang untuk transportasi, kamu bisa memilih alternatif lain, seperti kereta maupun bus yang lebih ramah kantong.
ADVERTISEMENT

7. Hindari Kebiasaan Berutang

Contoh frugal living yang terakhir adalah hindari kebiasaan berutang, terlebih lagi untuk kebutuhan yang tak perlu. Pasalnya, memiliki kebiasaan berutang bisa membuatmu kesulitan membayarnya.
Itulah mengapa, kamu perlu menahan diri untuk membeli barang yang tak perlu dan konsisten dalam melakukan perencanaan keuangan.
Demikian sederet informasi seputar contoh frugal living yang perlu diterapkan. [ENF]