Konten dari Pengguna

8 Kelemahan INTJ yang Penting Dipahami

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
14 Januari 2024 23:43 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kelemahan INTJ. Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kelemahan INTJ. Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Terdapat berbagai kelemahan INTJ yang jarang diketahui orang lain. Salah satunya adalah cenderung perfeksionis sehingga kerap tidak mempedulikan kehidupan sosialnya.
ADVERTISEMENT
Ketahui kelemahan dari kepribadian INTJ lainnya dalam ulasan berikut ini.

Kelemahan INTJ yang Penting Dipahami

Ilustrasi Kelemahan INTJ. Sumber: Unsplash
Dikutip dari buku PIO-Diagnostik oleh Seta A. Wicaksana, INTJ adalah sosok pemecah masalah berbakat dengan semangat meningkatkan kehidupan melalui ide-ide inovatif. Mereka dapat melihat kemungkinan perbaikan di berbagai tempat.
Sayangnya, dibalik berbagai kelebihan tersebut, ternyata INTJ mempunyai kelemahan. Apa saja? Berikut ini berbagai kelemahan INTJ.

1. Cenderung Perfeksionis

Sosok INTJ sering kali bersikap sangat perfeksionis. Pasalnya, mereka terlalu fokus kepada detail serta mengorbankan efisiensi dalam mencapai standar sangat tinggi.

2. Tidak Peduli pada Sosial

Kelemahan INTJ yang berikutnya adalah tidak mempedulikan sosial. Mereka cenderung lebih fokus pada pemikiran logis. Bahkan, terkadang mereka kurang memperhatikan aspek sosial dan emosional dalam hubungan.

3. Sulit Mengakui Kekurangan

Sosok INTJ sangat berorientasi pada hasil dan tujuan. Karena itu, mereka merasa sulit untuk menerima dan mengakui kekurangan diri sendiri. Akibatnya, pertumbuhan dan perkembangan pribadi mereka dapat terhambat.
ADVERTISEMENT

4. Sulit Bersantai

Kelemahan INTJ selanjutnya, yaitu INTJ susah bersantai maupun menikmati kondisi terkini. Pasalnya, mereka sering telalu fokus pada rencana masa depan kedepannya sehingga mengabaikan berbagai momen penting.

5. Kurang Fleksibel

INTJ sering kali terlalu fokus pada rencana maupun ide awal mereka. Inilah mengapa mereka cenderung kurang fleksibel saat menghadapi perubhaan. Tentunya sikap ini menghambat adaptabilitas INTJ terhadap lingkungan sekitarnya.

6. Tidak Suka Ketidakkompetenan

Kelemahan INTJ berikutnya adalah mereka memasang standar tinggi bagi diri sendiri maupun orang lain. Kelemahan ini menyebabkan mereka tidak sabar jika harus berurusan dengan orang yang tidak mampu atau tidak kompeten.

7. Tidak Peka

Sosok INTJ umumnya kurang mempunyai pemehaman yang baik terhadap perasaan orang lain. Mereka bisa terlalu fokus pada logika serta kurang paham terhadap aspek emosional.
ADVERTISEMENT

8. Kurang Sadar Diri

Kadang, sosok INTJ kurang mampu mneyadari dampak maupun persepsi yang dimiliki dalam lingkungan sosial. Akibatnya, mereka kurang fleksibel serta kurang mampu beradaptasi dengan hal baru di sekitarnya.
Demikian pembahasan mengenai kelemahan INTJ yang jarang diketahui oleh orang lain. (LAU)