8 Tanda Intimacy Disorder yang Penting untuk Segera Diatasi

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
10 Maret 2024 23:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ilustrasi intimacy disorder. Sumber foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi intimacy disorder. Sumber foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tanda intimacy disorder merupakan petunjuk-petunjuk yang mengindikasikan adanya gangguan dalam kemampuan seseorang untuk membentuk hubungan yang intim dengan orang lain.
ADVERTISEMENT
Mengetahui dan mengenali tanda-tanda ini dapat menjadi langkah awal yang penting dalam mengatasi masalah tersebut, sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih serius.
Kenali berbagai tanda intimacy order yang perlu diwaspadai dalam ulasan berikut ini.

Pengertian Intimacy Disorder

ilustrasi intimacy disorder. Sumber foto: Pexels
Mengutip buku Treating Complex Traumatic Stress Disorders (Adults), intimacy disorder adalah gangguan yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk membentuk dan mempertahankan hubungan yang intim dengan orang lain.
Individu dengan intimacy disorder mungkin mengalami kesulitan dalam membangun ikatan emosional yang kuat, mempercayai orang lain, atau merasa nyaman dalam hubungan yang intim.

Berbagai Tanda Intimacy Disorder

Berikut ini adalah beberapa tanda intimacy disorder yang kerap ditunjukkan pengidapnya.

1. Kesulitan dalam Membentuk Hubungan yang Mendalam

Individu mungkin mengalami kesulitan dalam membentuk hubungan yang mendalam atau merasa sulit untuk membuka diri kepada orang lain.
ADVERTISEMENT

2. Ketidakmampuan untuk Mempercayai Orang Lain

Orang dengan intimacy disorder mungkin memiliki kesulitan untuk mempercayai orang lain, atau merasa rentan dalam hubungan karena ketakutan terhadap pengkhianatan atau terluka.

3. Perasaan Terisolasi atau Kesepian

Individu mungkin merasa terisolasi atau kesepian meskipun berada dalam lingkungan sosial yang berlimpah. Karena mereka merasa sulit untuk merasa terhubung dengan orang lain.

4. Ketidakmampuan untuk Menjaga Hubungan Jangka Panjang

Orang dengan intimacy disorder cenderung mengalami kesulitan dalam mempertahankan hubungan jangka panjang dan mungkin seringkali berpindah-pindah dari satu hubungan ke hubungan lainnya.

5. Ketidakmampuan untuk Mengatasi Konflik

Individu mungkin kesulitan dalam mengatasi konflik dalam hubungan mereka atau cenderung untuk menghindari konfrontasi, yang dapat menyebabkan jarak emosional antara mereka dan pasangannya.

6. Kehilangan Minat dalam Kegiatan Bersama

Orang dengan intimacy disorder mungkin kehilangan minat dalam melakukan kegiatan bersama pasangan atau teman dekat, yang dapat menyebabkan hubungan menjadi kurang memuaskan.
ADVERTISEMENT

7. Ketidakmampuan untuk Menunjukkan Kasih Sayang atau Perhatian

Individu mungkin kesulitan dalam menunjukkan kasih sayang atau perhatian kepada pasangan mereka, yang dapat mengganggu kualitas hubungan mereka.

8. Menurunnya Minat terhadap Hubungan Seksual dengan Pasangan

Orang dengan intimacy disorder mungkin mengalami penurunan minat terhadap aktivitas seksual dengan pasangan mereka karena kesulitan dalam merasa terhubung secara emosional.
Tanda-tanda intimacy disorder merupakan berbagai petunjuk penting yang menunjukkan adanya gangguan dalam kemampuan seseorang untuk membentuk hubungan yang sehat dan memuaskan.
Penting untuk mengenali tanda-tanda ini agar dapat mencari bantuan yang tepat guna mengatasi masalah tersebut, sebelum berdampak negatif pada kesejahteraan mental dan hubungan seseorang. (AZS)