9 Ciri-ciri Selingkuh Online yang Perlu Diwaspadai dalam Hubungan

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
15 Januari 2024 21:16 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi : Ciri-ciri Selingkuh Online. Sumber : Artem Podrez/Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi : Ciri-ciri Selingkuh Online. Sumber : Artem Podrez/Pexels.com
ADVERTISEMENT
Perselingkuhan sekarang ini semakin canggih, karena bisa dilakukan lewat dunia maya. Perselingkuhan online ini sering disebut sebagai cyber affair. Biasanya ciri-ciri selingkuh online bisa dilihat dari semakin seringnya pasangan mengecek ponsel.
ADVERTISEMENT
Lantas seperti apa ciri-ciri spesifiknya, perhatikan uraian di bawah ini!

Ciri-Ciri Selingkuh Online

Ilustrasi : Ciri-ciri Selingkuh Online. Sumber : Budgeron Bach/Pexels.com
Paul Subiyanto dalam buku berjudul Fighting for Marriage : Melawan Selingkuh, Memulihkan Hubungan, menjelaskan bahwa selingkuh menjadi salah satu penyebab retaknya hubungan pacaran atau pernikahan.
Perselingkuhan sendiri bisa dilakukan langsung maupun lewat dunia maya atau online (cyber affair). Biasanya perselingkuhan secara online ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

1. Sensitif Saat Pasangan Menyentuh Ponselnya

Perselingkuhan online terjadi lewat ponsel. Hal inilah kenapa pasangan yang selingkuh akan sensitif jika ponselnya dicek atau hanya sekedar dipegang oleh pasangan aslinya.

2. Sering Aktif Tapi Tidak Membalas

Saat pasangan sering aktif di media sosial, namun ia tidak mau mengangkat telepon atau membalas pesan, kemungkinan besar ia sedang memprioritaskan orang lain.

3. Mempunyai Banyak Akun

Orang yang selingkuh biasanya memiliki lebih dari satu akun media sosial. Pasangan aslinya hanya diberitahukan satu akun dan yang lain disembunyikan untuk berkomunikasi dengan selingkuhannya.
ADVERTISEMENT

4. Acuh dengan Pasangan

Orang yang selingkuh, mereka cenderung acuh dengan pasangannya. Ia tidak lagi menelepon atau mengirim pesan yang menunjukkan perhatian, namun ia akan menghubungi atau mengirim pesan saat ada maunya saja.

5. Mengganti Kata Sandi HP

Orang yang selingkuh online akan berusaha mengubah kata sandi di Hp-nya agar pasangan asli tidak bisa mengeceknya. Bahkan kata sandi atau pola tersebut lebih rumit dari biasanya.

6. Media Sosial Juga di Password

Bukan hanya ponsel, namun beberapa media sosial juga menggunakan password, sehingga pasangan asli tidak bisa membuka tanpa seizinnya. Lebih parahnya, kadang ia tidak mengizinkan pasangannya untuk cek aplikasi tersebut.

7. Ada Kontak Misterius

Orang yang selingkuh online akan memberikan nama kontak selingkuhannya dengan nama yang aneh. Hal ini untuk mengelabui pasangan aslinya agar tidak curiga.

8. Ada Aplikasi Mencurigakan

Orang yang selingkuh online kemungkinan tidak melakukan hubungan lewat aplikasi biasa. Ia akan menghubungi selingkuhannya lewat aplikasi khusus agar pasangan asli tidak curiga.
ADVERTISEMENT

9. Sering Mengecek Ponsel Lebih Lama

Pasangan yang selingkuh online akan sering mengecek ponselnya lebih lama dari biasanya. Bahkan, sambil melihat ponsel tersebut, ia bisa senyam-senyum sendiri.
Itulah ciri-ciri selingkuh online yang perlu pasangan waspadai. Semoga membantu! (Ek)