9 Jenis Layanan Bimbingan Konseling di Pendidikan yang Wajib Diketahui

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
18 Maret 2023 18:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi foto jenis layanan bimbingan konseling di pendidikan. Sumber foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi foto jenis layanan bimbingan konseling di pendidikan. Sumber foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Saat menempuh pendidikan sekolah menengah, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah guru BK atau Bimbingan Konseling.
ADVERTISEMENT
Bimbingan Konseling adalah bantuan dari seorang ahli untuk peserta didik dengan cara tatap muka. Tujuannya sendiri jelas untuk membantu peserta didik berkembang secara optimal.
Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas jenis-jenis layanan bimbingan konseling secara rinci.

9 Jenis Layanan Bimbingan Konseling di Pendidikan

Ilustrasi foto jenis layanan bimbingan konseling di pendidikan. Sumber foto: Pexels
Selama ini kita mengira bimbingan konseling hanya mempunyai satu jenis saja. Padahal, dikutip dari buku Dasar-Dasar Konseling karya Drs. Abu Bakar M. Luddin, ada 9 jenis layanan bimbingan konseling yang harus kamu ketahui.

1. Layanan Orientasi

Layanan ini ditujukan untuk siswa baru guna memberi pemahaman dan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah yang baru saja dimasuki. Fungsi utama bimbingan yang didukung oleh layanan orientasi adalah fungsi pemahaman dan pencegahan.
ADVERTISEMENT

2. Layanan Informasi

Layanan ini bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang berguna untuk peserta didik, contohnya mengenal diri.
Sama seperti layanan orientasi, fungsi utama bimbingan yang didukung adalah fungsi pemahaman dan pencegahan.

3. Layanan Penempatan dan Penyaluran

Bertujuan untuk memperoleh tempat yang sesuai bagi peserta didik untuk mengembangkan potensi dirinya. Fungsi utama yang didukung adalah pencegahan, pemahaman, pengentasan, advokasi, pengembangan dan pemeliharaan.

4. Layanan Penguasaan Konten

Bertujuan untuk memungkinkan siswa memahami serta mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, keterampilan dan kecepatan yang cocok.
Fungsi utama yang didukung adalah pemahaman, pencegahan, pengentasan, pengembangan dan pemeliharaan.

5. Layanan Konseling Perorangan

Bertujuan agar siswa mendapatkan layanan langsung secara tatap muka dengan konselor dalam rangka pengentasan masalah pribadi klien.

6. Layanan Bimbingan Kelompok

Memungkinkan siswa secara bersama-sama memperoleh berbagai bahan acuan untuk mengambil keputusan. Fungsi utama yang didukung adalah fungsi pemahaman dan pengembangan.
ADVERTISEMENT

7. Layanan Konseling Kelompok

Memungkinkan siswa memperoleh kesempatan bagi pembahasan dan pengentasan masalah yang dialami melalui dinamika kelompok. Fungsi utama yang didukung ialah fungsi pengentasan.

8. Layanan Konsultasi

Memungkinkan siswa memperoleh wawasan pemahaman dan cara yang perlu dilakukan dalam menangani kondisi atau permasalahan pihak ketiga. Fungsi utama yang didukung ialah fungsi pemahaman dan pengentasan.

9. Layanan Mediasi

Terakhir, bertujuan untuk membantu siswa mencapai kondisi hubungan yang kondusif dsn positif. Fungsi utamanya ialah fungsi pemahaman dan pengentasan.
Nah, itu dia 9 jenis layanan bimbingan konseling di institusi pendidikan yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat ya! (raf)