Apa itu Hidup Flat? Ini Pengertian dan Cara Menghadapinya

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
15 September 2023 22:33 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi hidup flat. Sumber: Ketut Subiyanto/pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hidup flat. Sumber: Ketut Subiyanto/pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hidup flat artinya suatu kondisi ketika hidup terasa membosankan dan mudah mengalami perubahan suasana hati yang buruk. Kondisi ini bisa diakibatkan dari hubungan sosial yang buruk atau gangguan mental.
ADVERTISEMENT
Norma dan Widianti dalam Faktor Penyebab, Tingkat Stres dan Dampak Stres Akademik pada Mahasiswa dalam Sistem Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 menyebutkan jika hidup membosankan bisa disebabkan oleh stres.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai definisi hidup flat, baca artikel ini sampai tuntas.

Apa itu Hidup Flat?

Ilustrasi hidup flat. Sumber: Andrea Piacquadio/pexels.com
Hidup flat artinya kondisi ketika seseorang merasa jika hidupnya terasa datar dan membosankan. Seseorang yang merasa jika hidupnya membosankan umumnya tidak memiliki motivasi hidup.
Selain itu, hidup flat juga dapat menyebabkan seseorang tidak mampu mengontrol emosinya dengan baik sehingga ia mudah marah dan bisa berkata menyakitkan.

Cara Menghadapi Hidup Flat

Mengalami hidup flat tentu membuat rutinitas sehari-hari terasa lebih hambar. Maka dari itu, seseorang perlu menghadapinya dengan baik agar hidupnya lebih bersemangat. Berikut adalah beberapa cara menghadapi hidup flat yang tepat.
ADVERTISEMENT

1. Berolahraga

Salah satu cara mengatasi hidup flat adalah berolahraga. Olahraga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh serta mental. Karena olaharaga bisa mendorong produksi hormon endorfin yang berfungsi untuk membuatmu lebih bahagia.
Adapun beberapa olahraga yang bisa dicoba adalah berlari, berjalan, senam aerobik, berenang, yoga, maupun jogging.

2. Mengobrol dengan Teman

Cara mengatasi hidup flat lainnya adalah mengobrol dengan teman. Misalnya dengan menghabiskan waktu bersama teman sambil berjalan di luar ruangan.
Selain itu, mencari teman baru atau bergabung dengan komunitas juga dapat kegiatan yang menyenangkan agar hidup tidak terlalu flat.

3. Memasak

Cara mengatasi hidup flat selanjutnya adalah dengan memasak. Memasak adalah kegiatan yang menyenangkan, sekaligus bermanfaat. Apalagi memasak dapat menghemat biaya pengeluaran karena tidak perlu membeli makanan di luar.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kegiatan memasak yang ditekuni juga juga dapat menghasilkan uang dengan membuka usaha.

4. Meditasi

Cara menghadapi hidup flat yang terakhir adalah meditasi atau mengatur napas. Cara ini berfungsi untuk mengatur emosi dan pikiran agar lebih tenang, rileks, dan nyaman.
Selain itu, meditasi juga akan membuat pikiran seseorang menjadi lebih positif. Caranya dengan melakukan meditasi pada pagi dan sebelum tidur untuk menenangkan pikiran.
Demikian informasi seputar definisi hidup flat dan cara menghadapinya. [ENF]