Body Positivity, Mencintai Tubuh Setiap Hari

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
11 Februari 2024 22:53 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi body positivity. Sumber foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi body positivity. Sumber foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Body positivity adalah istilah yang digunakan untuk menyebut penerimaan diri sendiri, serta mensyukuri segala kekurangan yang ada di tubuhnya. Mindset ini kerap membantu seseorang dalam meningkatkan kepercayaan diri serta pemikiran positif.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, body positivity bukanlah tren baru. Pemikiran ini telah muncul sejak tahun 1960-an, sebagai bentuk perlawanan terhadap diskriminasi yang dialami oleh orang gemuk. Penjelasan lebih lanjut, simak di sini.

Pengertian Body Positivity, Mencintai Tubuh Setiap Hari

Ilustrasi body positivity. Sumber foto: Unsplash
Body positivity merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang telah menerima dan mensyukuri tubuhnya, terlepas dari segala kekurangan yang ada. Tujuan utamanya adalah untuk memerangi standar kecantikan yang melekat di masyarakat.
Tren ini muncul dan mulai diikuti oleh orang-orang sejak kampanye di tahun 1960-an. Saat itu, The National Association to Aid Fat Americans (NAAFA), mengkritik dan melawan diskriminasi yang terjadi pada orang-prang bertubuh gemuk.
Seiring berjalannya waktu, kampanye ini berubah menjadi gerakan body positivity, yakni penerimaan terhadap tubuh beserta kekurangan dan perubahannya. Dengan ini, individu bisa menghargai tubuhnya.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari The Womens, manfaat body positivity adalah meningkatkan harga diri, sikap positif, dan kepercayaan diri. Oleh karena itu, mindset ini perlu dimiliki oleh setiap orang.

Cara Menerapkan Body Positivity

Mendapatkan body positivity memang tidak semudah yang dibayangkan. Sebab, untuk menerapkan langkah-langkahnya diperlukan kekonsistenan dan ketelitian. Berikut ini caranya.

1. Memahami bahwa Cantik Tidak Hanya di Fisik

Untuk menerapkan body positivity, penting memahami bahwa kecantikan tidak hanya berdasarkan fisik. Pasalnya, inner beauty juga sangat berpengaruh dalam membuat seseorang bersinar.
Dengan beauty inner, setiap orang bisa meningkatkan nilai dan daya tarik untuk tampil memesona dari berbagai aspek.

2. Mengubah Pola Pikir

Menanam pola pikir positif juga sangat penting untuk mendapatkan body positivity. Oleh karena itu, cobalah untuk berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.
ADVERTISEMENT

3. Jauhi Hal yang Tidak Nyaman

Komentar negatif dari orang lain kerap membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Sayangnya, hal ini di luar kendali. Jadi, untuk menghindarinya, penting membatasi diri dari lingkungan toxic yang membuat kita merasa tidak nyaman.
Demikian pembahasan mengenai pengertian dari body positivity dan cara menerapkannya. (RN)