Cara Membangun Karakter Kepemimpinan Sejak Dini yang Tepat

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
19 Maret 2023 16:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Inspirasi cara membangun karakter kepemimpinan, sumber foto: Tima Miroshnichenko by pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Inspirasi cara membangun karakter kepemimpinan, sumber foto: Tima Miroshnichenko by pexels.com
ADVERTISEMENT
Jika kamu ingin menjadi pemimpin yang baik di masa depan, maka kamu harus bisa membangun karakter kepemimpinan sejak dini. Mengingat jiwa kepemimpinan merupakan suatu hal penting yang harus kamu kuasai.
ADVERTISEMENT
Mengapa hal ini penting? Karena jiwa kepemimpinan tidak bisa tumbuh dalam proses singkat atau instan. Karakter dan jiwa kepemimpinan ini perlu proses yang cukup panjang dan tidak mudah.
Maka dari itu, kamu perlu mempelajari cara membangun karakter seorang pemimpin dalam penjelasan berikut.

Cara Membangun Karakter Kepemimpinan

Inspirasi cara membangun karakter kepemimpinan, sumber foto: Mikhail Nilov by pexels.com
Dikutip dari Buku Kepemimpinan Pendidikan karya Dr. Besse Marhawati, M.Pd, berikut ini terdapat adalah beberapa cara membangun karakter kepemimpinan yang tepat.

1. Bangun Keunggulan

Perlu kamu tahu bahwa seorang pemimpin tidak pernah memeriksa keunggulan. Melainkan seorang pemimpin harus bisa membangun keunggulan dari dirinya sendiri.
Jika kamu sudah memiliki keunggulan, maka untuk bisa mendapatkan semuanya akan jauh lebih mudah. Keunggulan yang dimaksud adalah keunggulan batas yang benar bagi suatu organisasi.
ADVERTISEMENT

2. Lakukan Sesuatu yang Benar

Seorang pemimpin merupakan orang yang melakukan segala sesuatu secara benar. Bukan hanya menganggap hal tersebut adalah benar padahal termasuk hal yang salah.

3. Mulai dengan Menjadi Pemimpin yang Baik

Jika kamu ingin menumbuhkan karakter kepemimpinan sejak awal, maka kamu perlu memulai untuk menjadi pemimpin yang baik. Pemimpin harus bisa melakukan segala sesuatu yang bisa dilakukan dan mengusahakan yang terbaik untuk hal itu.

4. Pemimpin Harus Memiliki Karakter yang Baik dan Kuat

Jika kamu ingin membangun karakter kepemimpinan yang tepat, maka kamu juga harus bisa memulai untuk menjadi pemimpin yang baik. Bukan hanya baik saja, namun kamu harus membangun karakter sebagai pemimpin yang kuat.

5. Jangan Buang-buang Waktu untuk Perdebatan Tidak Penting

Perlu kamu tahu bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tidak akan pernah membuang waktu untuk perdebatan yang tidak penting. Jika kamu masih melakukan hal ini, maka segera tinggalkan hal ini dengan cara berbuat baik dari sekarang.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa cara membangun karakter kepemimpinan bagi para calon pemimpin perempuan dan laki-laki yang perlu diperhatikan. Jangan ada satu cara yang terlewat jika kamu ingin menjadi seorang pemimpin yang tepat dan pemberani. (DSI)