Cara Menghadapi Orang Plegmatis yang Baik tapi Tertutup

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
12 Maret 2024 23:31 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara menghadapi orang plegmatis. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara menghadapi orang plegmatis. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Plegmatis adalah orang yang suka kedamaian yang mendapat julukan si tenang. Meski begitu, diperlukan cara tepat untuk menghadapi orang plegmatis karena ia cenderung bersifat tertutup dengan orang lain.
ADVERTISEMENT
Cara menghadapi orang plegmatis sebenarnya cukup mudah, selama bisa menerapkannya dengan baik dan benar. Bagaimana caranya? Simak pembahasannya dalam ulasan berikut ini.

Cara Menghadapi Orang Plegmatis

Ilustrasi cara menghadapi orang plegmatis. Foto: Pexels
Melalui buku Jurus Jitu Membaca Kepribadian Orang Lain karya Harfi Muthia, orang plegmatis tidak suka terlibat konflik sehingga lebih baik menurut walaupun dia tidak menginginkannya.
Ciri lain dari orang plegmatis adalah kurang teratur, kurang semangat, cenderung diam kalem, pendengar yang sabar dan baik, tapi sulit mengambil keputusan.
Orang plegmatis bisa dikatakan sangat cocok untuk dijadikan teman. Karena dia cenderung baik, bijaksana, menyenangkan, peduli, dan dapat menjadi penengah masalah.
Namun, orang plegmatis juga memiliki kelemahan. Di mana ia bisa menjadi pemalu, pendiam, takut, khawatir, kurang aktif bergerak, dan menghindari tanggung jawab.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara menghadapi orang plegmatis yang bisa diterapkan.

1. Perlakukan dengan Baik

Jangan menyalahgunakan sikap baik dan penurut dari orang plegmatis.
Mereka adalah orang yang cocok untuk dijadikan teman, pacar, atau rekan kerja, tetapi bukan berarti bisa diperlakukan semena-mena karena mereka bisa saja memilih pergi pada akhirnya.

2. Ikuti Alur

Orang plegmatis cenderung tenang dan memperhatikan. Dia lebih banyak mendengar daripada bicara.
Oleh karena itu, lebih baik mengikuti saja keinginannya. Jangan paksa dia untuk bercerita tentang dirinya atau mengemukakan pendapatnya. Karena hal itu justru akan membuatnya risih dan tidak nyaman.

3. Komunikasi Santai dan Tenang

Orang plegmatis sangat santai dan tenang, jadi ketika kita sedang menghadapi masalah dengannya, tidak perlu melibatkan emosi. Jangan menggunakan suara yang keras, apalagi kata-kata kasar saat komunikasi. Orang plegmatis justru akan menghindar kalau orang lain yang cenderung terburu-buru dan terlalu bersemangat.
ADVERTISEMENT
Demikian pembahasan tentang cara menghadapi orang plegmatis yang mudah dilakukan. (SP)