Cara Menghilangkan Rasa Cemburu dan Curiga pada Pasangan

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
1 Februari 2024 23:43 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara menghilangkan rasa cemburu dan curiga. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara menghilangkan rasa cemburu dan curiga. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Rasa cemburu dan curiga pada pasangan terkadang memang diperlukan sebagai bumbu dalam hubungan. Namun, tetap perlu memahami cara menghilangkan rasa cemburu dan curiga, apalagi yang sudah berlebihan.
ADVERTISEMENT
Rasa cemburu dan curiga yang berlebihan justru akan merusak hubungan yang ada. Oleh karena itu, simak cara menghilangkan rasa cemburu dan curiga berikut ini.

Cara Menghilangkan Rasa Cemburu dan Curiga

Ilustrasi cara menghilangkan rasa cemburu dan curiga. Foto: Pixabay
Melalui buku 20 Tips Mencari Pasangan Hidup oleh Kang Amir, cemburu merupakan rasa curiga pada orang lain karena iri hati, juga tidak senang saat orang lain mendapat kesenangan atau keberuntungan.
Seseorang dikatakan sudah berlebihan dalam rasa cemburu dan curiga saat menjadi mudah mencurigai pasangan dan menudingnya tidak setia atau berselingkuh.
Sifat cemburu dan curiga justru akan merusak hubungan juga menyulitkan langkah pasangan. Gerak-gerik pasangan akan menjadi terbatas sehingga tidak mampu mengembangkan diri, termasuk dalam pekerjaan.
Oleh karena itu, seseorang perlu mengetahui cara menghilangkan rasa cemburu dan curiga sebagaimana disebutkan dalam buku Ragam Tips dan Amalan agar Istri Disenangi dan Dihargai Suami karya Atiqah Hamid, yaitu:
ADVERTISEMENT

1. Dekatkan Diri pada Tuhan

Menjalin sebuah ikatan, terutama pernikahan, bukan hanya sebuah kesepakatan berdua, melainkan juga merupakan perjanjian dengan Tuhan.
Yakinlah bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hubungan adalah atas seizin Tuhan. Pasrahkan dan jadilah pasangan yang baik, kemudian serahkan sisanya pada Tuhan.

2. Jangan Mencari Kesalahan

Pasangan yang cemburu dan curiga biasanya akan selalu berusaha mencari celah untuk menemukan bukti yang dapat memvalidasi prasangkanya tersebut.
Jangan lakukan hal tersebut karena hanya akan menimbulkan perselisihan yang tidak perlu yang justru akan mengganggu hubungan.

3. Menjaga Perilaku dan Ucapan

Seseorang yang cerdas pasti mampu mempertimbangkan cara dan waktu yang tepat untuk membicarakan mengenai rasa cemburu dan curiganya. Pasangan yang mendapat perlakuan baik tersebut juga pasti akan menjelaskan dengan baik pula.

4. Menjaga Komunikasi

Menjaga komunikasi sangat penting untuk menghindari cemburu dan curiga. Biasakan untuk membicarakan hal dan kejadian yang telah dilewati seharian. Jangan berusaha menutupi, terutama saat melibatkan orang ketiga.
ADVERTISEMENT

5. Limpahkan Kasih Sayang

Alih-alih membuang waktu dengan cemburu dan curiga, tentu akan jauh lebih baik kalau kita menunjukkan rasa sayang dan perhatian. Hal itu akan membuat pasangan makin cinta hingga tidak ada waktu untuk orang lain.

6. Percaya pada Pasangan

Walau memang sulit dilakukan, tetapi langkah akhir yang perlu dilakukan adalah percaya pada pasangan. Perlahan tapi pasti, setelah melakukan berbagai langkah di atas, kita pasti bisa mempercayai pasangan.
Demikian adalah cara menghilangkan rasa cemburu dan curiga yang bisa dilakukan pasangan. (SP)