Contoh Mekanisme Pertahanan Diri beserta Pengertiannya

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
21 Maret 2023 15:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Contoh Mekanisme Pertahanan Diri. Foto: dok. Giulia Bertelli (Unsplash)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh Mekanisme Pertahanan Diri. Foto: dok. Giulia Bertelli (Unsplash)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Setiap individu tentu perlu memiliki mekanisme pertahanan diri sebagai cara dan contoh untuk mempertahankan diri agar tetap dapat hidup dengan baik. Untuk mengetahui pengertian dan contoh mekanisme pertahanan diri dalam kehidupan sehari-hari, langsung saja kita simak pembahasannya dalam artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT

Pengertian dan Contoh Mekanisme Pertahanan Diri dalam Kehidupan

Ilustrasi Contoh Mekanisme Pertahanan Diri. Foto: dok. Jackson David (Unsplash)
Mekanisme pertahanan diri atau yang juga dikenal dengan istilah self defense mechanism merupakan cara yang digunakan seseorang untuk melindungi diri dari rasa tidak nyaman yang melanda.
Penjelasan tentang mekanisme pertahanan diri lebih lanjut dipaparkan dalam buku berjudul Teori-Teori Perkembangan Manusia: Sejarah Kemunculan, Konsepsi Dasar, dan Contoh Aplikasi yang ditulis oleh Neil J Salkind (2019: 161).
Dalam buku tersebut dijelaskan, bahwa mekanisme pertahanan diri (defense mechanism) adalah teknik-teknik yang digunakan ego untuk membelokkan realitas ketika terjadi ancaman terhadap perkembangan psikologis sehat.
Masih dalam buku yang sama, dijelaskan pula bahwa mekanisme pertahanan diri membantu melindungi individu dari ketegangan atau kecemasan yang berlebihan. Mekanisme pertahanan diri berguna untuk melindungi anak yang tengah berkembang agar ia tidak mencoba-coba menghadapi keadaan yang merugikan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, penjelasan lanjut mengenai mekanisme pertahanan diri juga dijelaskan dalam buku berjudul The Art of Self Talking yang disusun oleh Nisrina P. Utami, M.Psi., (2022: 30).
Tertulis bahwa Joseph Burgo memaknai mekanisme pertahanan diri sebagai sebuah metode tidak terlihat yang digunakan pikiran kita untuk menyisihkan pikiran dan perasaan yang menyakitkan atau tidak nyaman, dari kesadaran diri sendiri.
Setiap diri kita membentuk pertahanan diri untuk mengatasi emosi yang ada. Dalam buku yang sama juga disebutkan bahwa terdapat tiga penyebab utama sebuah mekanisme pertahanan diri terbentuk, antara lain:
ADVERTISEMENT
Terdapat banyak sekali contoh mekanisme pertahanan diri yang dapat dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, antara lain saat Anda melihat orang yang sudah Anda cintai dalam waktu yang lama ternyata mencintai wanita lain, maka Anda akan menyangkal atau menolak realita tersebut untuk menghindari situasi yang menyakitkan.
Demikian pembahasan tentang pengertian dan contoh mekanisme pertahanan diri yang dapat Anda jadikan sebagai wawasan tambahan yang bermanfaat. (DAP)