Hydrophobia: Penyebab dan Gejala yang Tidak Boleh Diabaikan

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
3 Maret 2024 23:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Istilah Hydrophobia. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Jong Marshes
zoom-in-whitePerbesar
Istilah Hydrophobia. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Jong Marshes
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hydrophobia adalah salah satu istilah yang ada dalam dunia medis, untuk menyatakan atau menggambarkan seseorang yang memiliki ketakutan dengan air. Untuk mengetahui apakah seseorang mengalami fobia ini bisa dilihat dari beberapa gejalanya.
ADVERTISEMENT
Yang perlu diketahui bahwa fobia yang satu ini bukan disebabkan karena gangguan mental atau trauma. Melainkan disebabkan karena infeksi virus. Untuk lebih jelasnya simak dalam pembahasan berikut ini.

Pengertian dan Penyebab Hydrophobia

Istilah Hydrophobia. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Jeremy Bishop
Hydrophobia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ketakutan berlebihan terhadap air. Namun, tidak seperti fobia lainnya, hydrophobia bukan disebabkan oleh pengalaman traumatis yang berkaitan dengan air.
Melainkan merupakan salah satu gejala dari infeksi rabies. Rabies adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang otak dan saraf. Penyakit ini bisa menular melalui gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi, seperti anjing, kucing, kelelawar, atau rubah.
Hydrophobia terjadi karena penderita rabies mengalami kejang dan rasa sakit yang hebat di tenggorokan saat mencoba minum atau bahkan berpikir untuk minum air. Hal ini membuat mereka merasa takut, panik, atau marah saat melihat, mendengar, merasakan, atau mengecap air.
ADVERTISEMENT
Akibatnya, mereka menolak untuk minum air meskipun sangat haus dan dehidrasi. Kondisi ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian akibat kekurangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Gejala Hydrophobia

Istilah Hydrophobia. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Jong Marshes
Ada beberapa gejala dari penderita hydrophobia, gejala ini bisa dijadikan indikator bahwa sudah harus mendapatkan penanganan medis yang tepat.
Penyebab utama hydrophobia adalah rabies. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mencegah hydrophobia adalah dengan mencegah rabies.
Jika seseorang sudah terinfeksi rabies dan mengalami hydrophobia, maka pengobatan menjadi tidak efektif lagi. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah memberikan perawatan paliatif untuk meredakan gejala dan rasa sakit.
ADVERTISEMENT
Hydrophobia adalah gejala rabies yang sangat serius dan tidak boleh diabaikan. Jika mengalami gejala-gejala tersebut atau mengetahui orang lain yang mengalaminya, segera hubungi dokter atau fasilitas kesehatan terdekat. (WWN)