Makna Kata Minder dan Cara Mengatasinya

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
1 Maret 2023 20:16 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pengertian minder. Sumber: Pexels/Valeria Ushakova
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengertian minder. Sumber: Pexels/Valeria Ushakova
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Minder adalah sifat dalam diri seseorang saat melakukan kegiatan dan kurang percaya diri. Dia merasa tak mampu sehingga menganggap orang lain lebih hebat darinya. Alhasil, sifat minder membuat seseorang bersikap egosentris yang menilai dari sudut pandangnya sendiri.
ADVERTISEMENT
Sifat minder harus diatasi secepat mungkin karena merugikan diri sendiri. Jika tidak, akan kesulitan menggapai sukses karena merasa rendah diri.

Cara Mengatasi Sifat Minder

Ilustrasi minder. Sumber: Pexels/Anna Shvets
Minder adalah hal lumrah, tetapi harus diatasi dengan cepat. Kamu bisa mengatasi rasa minder agar kehidupan lebih baik, berikut ada cara mengatasi minder yang bisa dipraktikkan:

1. Selalu bersyukur

Biasanya, seseorang minder karena dilahirkan dari keluarga kurang mampu atau tak memiliki paras yang rupawan. Tetapi, kamu harus melawan rasa minder tersebut dengan cara bersyukur.
Selalu bersyukur dan ikhlas dengan keadaan yang diterima membuat sifat minder pudar. Kamu bisa melihat di luaran saja banyak yang kurang beruntung tetapi tak pernah mengeluh, hal itu menjadi motivasi mengatasi sifat minder.

2. Mengetahui kelebihan diri sendiri

Melupakan kelebihan diri sendiri memicu sifat minder sehingga enggan melakukan berbagai kegiatan. Untuk mengatasinya, kenali kelebihan diri sendiri dan mengasah kemampuan tersebut. Lama-lama, sifat minder bisa terkikis dan percaya diri semakin kuat.
ADVERTISEMENT

3. Berlatih self-talk positif

Kamu bisa berlatih self-talk untuk menumbuhkan rasa sayang terhadap diri sendiri. Latihan tersebut membuat kamu siap menghadapi tantangan baru dan mengatasi keraguan dalam dirinya sendiri.
Tetapi, kamu harus menjauhi self-talk negatif karena bisa membatasi kemampuan diri. Bahkan, membuat rasa minder semakin parah.

4. Jauhi pergaulan tak baik

Minder adalah suatu hal yang membuat kamu terbatas melakukan rutinitas? Hal itu benar. Apalagi jika kamu bergaul dengan banyak orang tanpa memilih pergaulan, imbasnya sifat minder kamu tak bisa diatasi.
Pastikan kamu menjauhi pergaulan tak baik ya agar minder bisa diatasi. Misalnya, kamu bergaul dengan orang yang hobi mengoleksi barang mewah. Otomotif, kamu akan minder jika tak bisa membeli barang mewah juga. Lebih baik bergaul dengan semua orang dan berusaha mengelola sifat dengan baik.
ADVERTISEMENT
Jangan sampai sifat minder menghancurkan masa depan kamu, apalagi minder adalah sifat tak baik dan harus dihilangkan secepatnya. Kamu bisa menerapkan cara di atas agar minder bisa diatasi.