Mengapa Cyber Bullying Bisa Terjadi? Ini Cara Mencegahnya

Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
27 September 2023 22:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi mengapa cyber bullying bisa terjadi. Sumber: RDNE Stock project/pexels.com
ADVERTISEMENT
Cyber bullying adalah suatu bentuk perundungan yang terjadi di media sosial. Salah satu penyebab mengapa cyber bullying bisa terjadi adalah karena sikap seseorang yang terlalu iseng saat di media sosial.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Antama dan Zuhdy dalam Faktor-Faktor Penyebab Cyberbullying yang Dilakukan oleh Remaja di Kota Yogyakarta juga menyebutkan salah satu penyebab cyber bullying adalah karena sebelumnya seseorang pernah menjadi korban bullying.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab mengapa cyber bullying bisa terjadi, baca artikel ini sampai habis.

Mengapa Cyber Bullying Bisa Terjadi?

Ilustrasi mengapa cyber bullying bisa terjadi. Sumber: RDNE Stock project/pexels.com
Cyber bullying adalah suatu bentuk tindakan agresif yang dilakukan secara sengaja untuk melukai orang lain di dunia maya. Tindakan tersebut juga termasuk bentuk perundungan atau bullying.
Adapun beberapa alasan mengapa cyber bullying bisa terjadi adalah.

1. Memiliki Riwayat Gangguan Mental

Salah satu penyebab cyber bullying adalah pelakunya bisa jadi memiliki riwayat gangguan mental yang membuatnya merasa buruk saat bermain gawai secara terus-menerus.
Selain itu, beberapa orang yang memiliki gangguan psikopat, machiavellianism (manipulatif), sadisme, atau narsisme juga cenderung rentan melakukan cyber bullying.
ADVERTISEMENT

2. Terjadi Konflik

Penyebab cyber bullying selanjutnya adalah terjadinya konflik antara dua orang yang sebelumnya memiliki hubungan cukup dekat.
Namun, karena adanya konflik tersebut, seseorang bisa memicu pertikaian di dunia maya dan berkeinginan untuk balas dendam.

3. Korban Bullying

Penyebab cyber bullying berikutnya adalah karena sebelumnya, dirinya adalah korban perundungan sehingga muncul keinginan untuk balas dendam dan melampiaskan emosinya kepada orang lain.
Hal ini juga disebabkan karena dirinya ingin orang lain juga merasakan rasa sakit yang telah dirasakannya karena merasa tidak adil.

4. Iseng

Penyebab cyber bullying yang terakhir adalah karena seseorang iseng dan ingin melakukan cyber bullying. Orang-orang tersebut biasanya tidak paham akan dampak dari cyber bullying sehingga dirinya melakukannya tanpa berpikir panjang.
Aksi iseng ini biasanya dilakukan secara anonim dengan harapan agar tidak ada orang yang mengetahui identitasnya.
ADVERTISEMENT

Cara Mencegah Cyber Bullying

Pada dasarnya, cyber bullying adalah suatu tindakan berbahaya dan perlu dihindari. Adapun beberapa cara mencegah cyber bullying adalah.
Demikian beberapa penjelasan mengenai alasan mengapa cyber bullying bisa terjadi dan cara mencegahnya. [ENF]