Konten dari Pengguna

Mengapa Orang Berbohong? Ini Alasannya

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
29 Januari 2024 20:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Mengapa Orang Berbohong? Sumber: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mengapa Orang Berbohong? Sumber: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mengapa orang berbohong? Pertanyaan ini banyak diajukan oleh sebagian orang.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku 30 Taktik Manipulasi Emosional Terselubung oleh Eagle Oseven, berbohong merupakan pernyataan salah yang sengaja dihadrikan sebagai kebenaran. Ada banyak cara untuk berbohong yang jauh dari sekedar membuat pernyataan salah secara terang-terangan.
Alasan mengapa orang berbohong sering kali menjadi pertanyaan bagi sebagian orang, terutama mereka yang pernah menjadi korban.

Mengapa Orang Berbohong?

Ilustrasi Mengapa Orang Berbohong? Sumber: Unsplash
Berikut ini berbagai alasan mengapa orang berbohong:

1. Mendapat Perhatian

Sebagian orang memutuskan berbohong untuk meraih kekuatan, rasa hormat, dan perhatian. Biasanya, alasan satu ini digunakan oleh mereka yang tenga berusaha memegang kendali.
Misalnya, seseorang menuliskan keahlian dalam lamaran kerja mengenai suatu hal yang tidak benar-benar dikuasai. Hal tersebut dilakukan untuk meraih perhatian sehingga dapat meraih posisi tertentu.

2. Memengaruhi Orang Lain

Alasan berikutnya mengapa orang berbohong adalah untuk memengaruhi orang lain. Umumnya, hal ini dilakukan oleh organisasi atau pekerja. Misalnya saat melakukan iklan suatu produk padahal tidak sesuai dengan yang ditawarkan.
ADVERTISEMENT

3. Kebaikan Orang Lain

Terdapat orang-orang yang secara terpaksa berbohong untuk kepentingan orang lain. Sayangnya, alasan ini menjadi alasan yang sangat sering digunakan. Tak sedikit orang menutupi kebenaran yang menyakitkan daripada melihat orang lain kecewa mengenai kenyataan yang ada.

4. Tidak Merasa Salah

Alasan berikutnya kenapa orang berbohong adalah mereka tidak merasa bahwa apa yang dilakukan adalah hal salah. Maka dari itu, mereka tidak memikirkan alasan berbohong.
Bahkan, ada sebagian orang yang merasa bangga saat berhasil menipu banyak orang. Kebohongan tersebut terus berlanjut sehingga membuatnya nyaman.

5. Menutupi Kebohongan

Sekali seseorang berbohong, maka akan beresiko menimbulkan efek bola salju. Semakin sering seseorang berbohong, ia harus menyiapkan berbagai kebohongan lain untuk menutupi kebohongan yang sudah dilakukan.
Maka dari itu, sebuah kebohongan saja dapat menggiring ke kebohongan lain yang jauh lebih besar sehingga menimbulkan efek tidak terduga.
ADVERTISEMENT
Itulah sekilas pembahasan mengenai berbagai alasan mengapa orang berbohong.(LAU)