Konten dari Pengguna

Pengertian Nurture dalam Psikologi dan Cara Menggali Potensinya

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
6 Maret 2023 14:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi nurture adalah. Sumber foto Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi nurture adalah. Sumber foto Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kepribadian dalam psikologi menjadi faktor utama yang membedakan antar individu, untuk itulah kamu dan orang lain berbeda kepribadiannya.
ADVERTISEMENT
Berbicara kepribadian pasti ada nurture. Nurture adalah faktor yang terbentuk karena faktor lingkungan yang berdampak pada perilaku seseorang.
Pengalaman yang kamu dapat berkaitan dengan lingkungan sosial. Misalnya saja, jika kamu bergaul dengan orang pandai maka akan tertular kegigihannya mempelajari banyak hal.

Cara Menggali Potensi Nurture dalam Psikologi

Ilustrasi nurture adalah. Sumber foto Pixabay
Menurut buku Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya karya AvDr. Ahmad Susanto, M.Pd., nurture itu sebutan dalam dunia psikologi yang berarti faktor lingkungan. Kamu bisa mendapatkan dampak positif dari nurture jika pandai menggali potensinya, berikut ada cara yang bisa dilakukan:

1. Percaya Diri untuk Mengembangkan Potensi

Setelah mengetahui nurture adalah faktor dari lingkungan, kamu bisa menggali potensinya. Caranya adalah percaya diri mengembangkan potensi dalam dirimu, jangan ragu menunjukkan kemampuan di lingkungan tempat tinggal. Dengan begitu, konsep nurture bisa dilakukan dan kamu tak terjerumus ke pergaulan yang salah.
ADVERTISEMENT
Misalnya, kamu memiliki kemampuan memasak dan sering bergaul dengan orang yang pandai memasak. Maka, tunjukkan bakat memasakmu karena secara tak langsung kamu mendapat ilmu memasak dari pergaulan tersebut.

2. Mengetahui Minat Secara Pasti

Jangan lupa mengenali apa minat terdalam pada dirimu agar konsep nurture bisa digali. Setelah mengetahui minat pada suatu hal, lakukan sungguh-sungguh untuk mencapainya. Pastinya, kamu bisa bergaul dengan orang yang minatnya sama denganmu. Otomotif, kamu mendapat banyak dukungan dari mereka.

3. Dukungan dari Orang Terdekat

Potensi dapat digali karena dukungan dari orang terdekat, kamu bisa konsultasi memegangi minat dan keinginanmu pada mereka. Dengan begitu mereka memberikan dukungan, bahkan memberikan saran agar minatmu terealisasikan.
Dukungan mereka juga membuatmu lebih terarah mencapai keinginan. Apalagi orang tua, mereka senantiasa mendukungmu saat sulit maupun senang karena pencapaianmu.
ADVERTISEMENT
Walaupun nurture adalah pengembangan diri yang didapatkan dari faktor lingkungan, kamu bisa maksimal menggali potensinya. Yang terpenting pilihlah lingkungan yang positif sehingga tak ada dampak negatifnya yang membuatmu gagal mendapatkan suatu hal. Walaupun ada hinaan di lingkungan, jangan pernah menyerah menggali potensi nurture ya karena banyak hal positif yang didapat.