Pertimbangan dalam Memilih Karir Sebelum Memutuskan Menerima Pekerjaan

info psikologi
Menyajikan informasi seputar info psikologi yang terkini, terupdate, dan terlengkap.
Konten dari Pengguna
8 Maret 2024 20:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari info psikologi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pertimbangan dalam Memilih Karir. Foto: dok. Unsplash/Dylan Gillis
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pertimbangan dalam Memilih Karir. Foto: dok. Unsplash/Dylan Gillis
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pertimbangan dalam memilih karir adalah hal yang perlu dipikirkan sebelum menerima pekerjaan atau menentukan pekerjaan terbaik. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seseorang, terlebih jika baru saja lulus dari pendidikan.
ADVERTISEMENT
Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah jenjang karir yang dipilih dapat meningkatkan taraf hidup atau tidak.

Pertimbangan dalam Memilih Karir yang Perlu Diperhatikan

Ilustrasi Pertimbangan dalam Memilih Karir. Foto: dok. Unsplash/Annie Spratt
Dikutip dari dalam buku berjudul Manajemen Sumber Daya Manusia, yang disusun oleh Margareth Sylvia Sabarofek, S.Sos., MM (2022: 87), memilih karir dapat membantu seseorang dalam memilih pendidikan dan keterampilan yang tepat yang dibutuhkan untuk mendukung karir yang dipilih.
Membuat keputusan yang cermat dan terinformasi terkait karir dapat membantu meningkatkan peluang untuk berhasil dalam karir yang dipilih.
Saat memilih pekerjaan, perlu beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan. Berikut ini beberapa pertimbangan dalam memilih karir yang perlu diperhatikan:

1. Jenjang Karir yang Menjanjikan

Sebelum menerima pekerjaan, pastikan jenjang karir yang dipilih cukup menjanjikan, baik dari segi kenaikan jabatan maupun kenaikan gaji. Hal ini penting untuk dipertimbangkan untuk membantu meningkatkan kualitas dan taraf hidup.
ADVERTISEMENT

2. Sesuaikan dengan Passion dan Keterampilan yang Dimiliki

Menyesuaikan keterampilan dan passion dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan perlu dipertimbangkan. Hal ini karena jika pekerjaan yang dipilih sesuai dengan passion dan keahlian yang dimiliki, maka pekerjaan yang diberikan dapat diselesaikan dengan kualitas yang lebih baik dan memuaskan.

3. Potensi Pertumbuhan yang Diperoleh

Jika di tempat kerja baru dinilai cukup menjanjikan, maka tawaran pekerjaan yang tersedia dapat diambil. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya potensi pertumbuhan dan peluang karir di bidang pekerjaan yang akan dipilih.
Adanya potensi pertumbuhan dan perkembangan di tempat kerja dapat memantik semangat untuk mencetak prestasi kerja yang lebih baik.

4. Keseimbangan Waktu Kerja dan Kehidupan Pribadi

Memiliki keseimbangan antara waktu menggarap pekerjaan dengan menjalankan kehidupan pribadi perlu dipertimbangkan sebelum menerima pekerjaan.
Jika keseimbangan kerja dan waktu untuk kehidupan pribadi dapat dicapai, maka tidak ada salahnya untuk mengambil tawaran kerja yang diberikan. Hal ini perlu dipertimbangkan sebab memengaruhi kualitas hidup dan kesehatan.
ADVERTISEMENT

5. Lingkungan Kerja di Perusahaan Baru

Lingkungan kerja juga perlu menjadi pertimbangan yang harus dipikirkan. Hal ini dilakukan untuk membantu mendukung diri dalam meningkatkan produktivitas kerja. Tak hanya itu, hal ini juga dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik selama bekerja.
Beberapa pertimbangan dalam memilih karir yang dibahas dalam artikel ini dapat membantu dalam memutuskan untuk menerima tawaran pekerjaan yang diberikan. Semoga bermanfaat. (DAP)