Apa itu Diving? Kenali Jenis dan Manfaatnya

Konten dari Pengguna
29 Juni 2021 18:02 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Diving (Sumber: Pixabay)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Diving (Sumber: Pixabay)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebagai salah satu kegiatan olahraga, sebagian orang masih mengira diving adalah kegiatan menyelam di bawah laut dengan tujuan untuk melihat keindahan di bawah air saja.
ADVERTISEMENT
Fakta bahwa diving sebagai salah satu kegiatan olahraga sebenarnya bisa dilihat dari perlengkapan dan peralatan khusus yang harus digunakan seperti tabung oksigen, kacamata renang dan baju selam.

Jenis Diving

Ilustrasi diving Sumber: Pia from Pexels
Sebelum mencoba mengikuti olahraga ada baiknya untuk mengenali beberapa hal terkait dengan diving. Salah satunya adalah dengan mengenali jenis dari diving.
1. Free Diving
Free diving atau juga disebut sebagai selam bebas justru menyelam tanpa menggunakan alat bantu pernapasan. Kegiatan free diving tidak membutuhkan alat khusus.
Jika kamu ingin melakukan free diving, kamu harus memiliki sertifikat terlebih dahulu setelah melakukan pelatihan khusus free diving.
Tak hanya itu saja, orang-orang yang menyelam atau disebut juga dengan free diver juga harus ditemani oleh teman atau instruktur yang berpengalaman.
ADVERTISEMENT
Free diving membutuhkan kemampuan menahan nafas yang baik karena olahraga air ini hanya mengandalkan paru-paru saja.
Alat khusus yang digunakan untuk melakukan free diving hanyalah berupa masker dan kaki katak saja.
Selam bebas juga cukup berbahaya bagi kamu yang tidak memiliki pengalaman sebelumnya. Karena free diving biasanya dilakukan hingga kedalaman 10 meter.
2. Scuba Diving
Berbeda dengan free diving yang tak memerlukan alat khusus untuk menyelam, scuba diving memerlukan teknik serta alat khusus jika kamu ingin mencobanya.
Beberapa alat yang harus dilengkapi yakni regulator tahap 1, regulator tahap 2, tabung udara, octopus, BCD, baju selam, pemberat badan dan sebagainya.
Olahraga ini tergolong kedalam jenis olahraga yang ekstrem, karena akan membiarkan para penyelamnya 'terjun bebas' ke dalam air, bahkan hingga ke dasar laut.
ADVERTISEMENT

Syarat Melakukan Diving

Olahraga diving tergolong ke dalam olahraga yang cukup ekstrem, karena itu seorang diver harus memenuhi beberapa syarat khusus seperti:

Manfaat Melakukan Diving

Ilustrasi diving Sumber: Pia from Pexels
Dilansir dari Deeperblue, berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari diving.
1. Mendapatkan Kekuatan dan Fleksibilitas
Semakin banyak Anda menyelam dan berenang, semakin banyak otot Anda memanjang, membangun kekuatan dan mengembangkan daya tahan serta fleksibilitas.
Ketika menyelam, otot akan cenderung bekerja lebih keras dibanding di luar air.
2. Bemanfaat Untuk Pernafasan
Selama menyelam kamu akan menarik napas dan cenderung mengembuskan napas lebih lambat yang mengurangi detak jantung dan meningkatkan ketenangan.
ADVERTISEMENT
Pernapasan yang stabil juga mengurangi risiko cedera perluasan paru-paru serta mengurangi pembentukan lendir.
3. Menurunkan Tekanan Darah
Saat pertama kali menyelam detak jantung penyelam mungkin akan melonjak dan sedikit naik.
Untuk sebagian besar penyelaman, kita biasanya menemukan diri kita berada di air yang suhunya lebih rendah dari suhu tubuh kita.
Ketika tubuh kita direndam dalam air dingin, pembuluh darah di permukaan tubuh kita cenderung menyempit untuk menghemat panas bagi organ dalam kita, yang dapat menyebabkan jantung kita berpacu.
4. Manfaat Healing Dalam Air
Air memberikan efek healing, salah satunya akan membuat kamu merasa lebih aman, nyaman dan bahagia.
5. Berinteraksi dengan Kehidupan Laut
Ketika melakukan penyelaman, tubuh akan dipenuhi dengan rasa gembira, ajaib dan takjub. Karena akan melihat beragamnya ikan, karang, dan makhluk hidup sudah cukup untuk membuat siapa pun dalam suasana hati yang baik.
ADVERTISEMENT
(ANH)