Apa Saja Nomor-nomor Lari Jarak Menengah?

Konten dari Pengguna
8 Maret 2023 13:29
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Nomor-nomor lari jarak menengah adalah. Foto: Olympics
zoom-in-whitePerbesar
Nomor-nomor lari jarak menengah adalah. Foto: Olympics
Nomor-nomor lari jarak menengah adalah 800 m dan 1.500 m. Hal ini berbeda apabila melihat nomor pada cabang atletik lari lainnya.
Dikutip dari buku bertajuk Mengenal Olahraga Atletik Karya Enik Yuliatin dan Haryanto, lari jarak menengah merupakan bagian dari cabang atletik lari. Ini merupakan satu dari tiga nomor pada cabang atletik lari (lari jarak pendek, menengah, jauh).
Secara garis besar, lari jarak pendek sering dilombakan pada ajang internasional, termasuk perhelatan besar seperti Olimpiade. Setiap nomor pada cabang atletik lari memiliki jarak dan lintasan yang berbeda, lari jarak pendek (100, 200, & 400 m) dan lari jarak jauh (5.000, 10.000, 42.195 dan 3.000 meter halang rintang).
Karena memiliki jarak yang berbeda, tentunya teknik yang digunakan dari ketiga nomor cabang atletik tersebut berbeda. Bagi yang sedang mempelajari lari jarak menengah, ini beberapa teknik dasar yang wajib diketahui.

Teknik Dasar Lari Jarak Menengah

Nomor-nomor lari jarak menengah adalah. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Nomor-nomor lari jarak menengah adalah. Foto: Unsplash
Dikutip dari laman bukalapak, lari jarak menengah menggunakan start berdiri, alias posisi tubuh berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu. Hal ini berbeda dengan lari jarak pendek yang menggunakan start jongkok untuk memulai permainannya.
Masuk ke pembahasan ketika melakukan lari jarak menengah, ada tiga teknik dasar yang perlu Anda ketahui, yaitu awalan, lari di tikungan, dan juga memasuki garis finish, berikut informasinya:

1. Teknik Awalan

Teknik awalan yang dibahas berikut ini bukan membahas teknik start, melainkan apa yang harus dilakukan setelah melakukan start, berikut langkah-langkahnya:
  • Pastikan seluruh anggota tubuh dalam kondisi rileks ketika berlari dengan posisi tubuh tegak agar pernapasan lebih lancar.
  • Pandangan dan kepala harus selalu menghadap ke depan.
  • Mengayunkan lengan agar membantu pergerakan maju maupun untuk menambah kecepatan. Ayunan lengan juga tidak boleh melebihi bahu, atau secukupnya.
  • Angkat lutut lebih tinggi dari pinggul agar menambah kecepatan lari.
  • Mengatur pernapasan dengan kecepatan, alias ketika pernapasan sudah tidak teratur Anda bisa menyesuaikan dengan kecepatan dan mengaturnya kembali.

2. Lari di Tikungan

Sering disepelekan, lari di tikungan sejatinya memiliki peranan penting dalam menghasilkan waktu yang optimal, ini langkah-langkahnya:
  • Memilih posisi lintasan lari sebelah kiri karena mempersempit jarak kaki.
  • Memiringkan badan dan kepala sedikit ke kiri agar mengoptimalkan keseimbangan.
  • Seimbangkan tubuh dengan membuka sudut lengan kanan lebih lebar.

3. Memasuki Garis Finish

Teknik memasuki garis finish bisa membantu Anda dalam menciptakan perolehan waktu yang maksimal. Hal ini dikarenakan waktu milidetik pada cabang atletik lari sangat berharga. Oleh karenanya, ini cara memasuki garis finish dalam lari jarak menengah:
  • Mencondongkan tubuh ke depan dengan posisi kepala sedikit menunduk.
  • Menambahkan kecepatan sekaligus mengayunkan lengan lebih tinggi.
  • Bahu juga sedikit dimajukan agar bisa lebih dulu menyentuh pita garis finish.
Demikianlah informasi mengenai lari jarak menengah yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat.
(AA)
Apa saja nomor pada cabang atletik lari?
chevron-down
Berapa panjang lintasan pada cabang atletik lari lainnya?
chevron-down
Apa teknik start yang digunakan pada lari jarak menengah?
chevron-down