Bagaimana Posisi Tangan saat Sikap Awal Guling ke Belakang saat Jongkok?

Konten dari Pengguna
13 Maret 2023 13:48
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Posisi tangan saat sikap awal guling ke belakang dengan awalan jongkok adalah. Foto: Flickr
zoom-in-whitePerbesar
Posisi tangan saat sikap awal guling ke belakang dengan awalan jongkok adalah. Foto: Flickr
Posisi tangan saat sikap awal guling ke belakang dengan awalan jongkok adalah dengan kedua tangan diposisikan di samping telinga. Ini merupakan bagian gerakan dari senam lantai gerakan guling ke belakang atau yang dikenal dengan roll belakang, ini informasinya.
Dikutip dari buku Bentuk-bentuk Dasar Gerakan Senam Lantai karya Sapto Adi, senam lantai (floor exercise) merupakan bagian dari olahraga latihan fisik yang dilakukan di lantai menggunakan alas dengan melakukan gerakan sistematis dan terencana.
Senam lantai sejatinya bisa dilakukan di mana saja, namun tetap menggunakan alas sebagai dasar keselamatan peraga. Apabila dilombakan, senam lantai harus dilaksanakan di dalam ruang berukuran 12 x 12 m.
Nah, salah satu gerakan senam lantai yang banyak diperbincangkan belakangan hari ini adalah guling belakang atau back forward roll (roll belakang). Berikut teknik yang perlu Anda ketahui mengenai roll belakang.

Teknik Senam Lantai Guling ke Belakang

Posisi tangan saat sikap awal guling ke belakang dengan awalan jongkok adalah. Foto: gymnastholic
zoom-in-whitePerbesar
Posisi tangan saat sikap awal guling ke belakang dengan awalan jongkok adalah. Foto: gymnastholic
Bagi yang belum tahu, senam lantai secara garis besar dibagi menjadi dua jenis utama, yaitu senam menggunakan alat dan senam tanpa alat. Nah, back forward roll termasuk ke dalam jenis senam lantai tanpa alat.
Sejatinya, teknik back forward roll merupakan kebalikan dari teknik forward roll (roll depan) atau guling ke depan. Agar bisa melakukan kedua jenis gerakan tersebut dengan aman dan lancar, berikut cara melakukan back forward roll dan forward roll:

Back Forward Roll

  1. Posisikan tubuh jongkok membelakangi matras dengan kaki ditekuk di depan dada..
  2. Tekuk lengan dan letakkan telapak di samping telinga dengan menghadap ke atas.
  3. Posisikan panggul pada matras, lalu masukkan kepala dengan dagu menyentuh dada.
  4. Dorong tubuh ke belakang agar bisa berguling ke belakang dengan memanfaatkan tangan sebagai tolakan. Usahakan kedua kaki masih berada di depan dada.
  5. Saat sudah berguling satu kali alias kaki sudah menyentuh matras kembali dengan posisi jongkok, Anda bisa meluruskan lengan ke depan untuk menyeimbangkan tubuh, lalu berdiri.

Forward Roll

  1. Posisikan tubuh jongkok menghadap ke matras dengan lengan berada di samping tubuh dan telapak tangan menyentuh matras.
  2. Angkat pinggul dengan kaki diluruskan, lalu masukkan kepala di antara kedua tangan.
  3. Gulingkan badan ke depan dengan memanfaatkan bagian tengkuk terlebih dahulu, lalu diikuti dengan punggung, pinggang, dan panggul belakang.
  4. Saat sudah berguling satu kali alias kaki sudah menyentuh matras kembali dengan posisi jongkok, Anda bisa meluruskan lengan ke depan untuk menyeimbangkan tubuh, lalu berdiri.
Demikianlah informasi mengenai posisi awal gerakan guling ke belakang dan teknik melakukan back forward roll dan forward roll. Semoga bermanfaat.
(AA)
Apa itu senam lantai?
chevron-down
Apa saja jenis senam lantai?
chevron-down
Berapa ukuran lapangan senam lantai?
chevron-down