Bola & Sports
·
31 Mei 2021 19:18
·
waktu baca 2 menit

Gerakan Lompat Harimau, Bagaimana Cara Melakukannya dengan Benar?

Konten ini diproduksi oleh Info Sport
Gerakan Lompat Harimau, Bagaimana Cara Melakukannya dengan Benar? (10959)
searchPerbesar
Ilustrasi lompat harimau (Sumber: pinterest)
Kamu pasti sudah tidak asing dengan gerakan yang dinamakan lompat harimau. Gerakan ini juga kerap disebut dengan tiger sprong.
ADVERTISEMENT
Pada saat sekolah kamu pasti pernah mendapat materi gerakan yang satu ini. Cara melakukan lompat harimau memang cukup ekstrim dibanding lompatan lainnya.
Sebenarnya lompat harimau hampir mirip dengan melakukan gerakan roll depan. Bedanya pada gerakan lompatan ini, terdapat lompatan dan melayang.
Lompat harimau atau tiger sprong merupakan cabang olahraga yang termasuk dalam gerakan senam lantai. Lompat harimau merupakan gerakan pengembangan dari gerakan salto.
Jika dilihat, lompat harimau selayaknya melompat dengan gaya menerkam layaknya harimau. Tapi sebenarnya lompatan ini memiliki banyak sekali teknik.
Penerapan teknik ini berfungsi untuk meminimalisir risiko cedera. Mengingat lompatan ini bertumpu pada beberapa bagian tubuh lain. Jika hal ini dilakukan dengan sembarangan dan tidak dilakukan dengan teknik yang tepat bisa mengakibatkan cedera.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, dibutuhkan persiapan yang sempurna, agar saat melakukan gerakan memang benar-benar sempurna. Selain kesiapan fisik dan mengenali tekniknya, kesiapan mental pun dibutuhkan untuk melakukan gerakan ini.
Hal ini mengingat gerakan lompat harimau cukup berbahaya. Lalu, seperti apa cara melakukan loncat harimau secara sederhana?

Cara Melakukan Gerakan Lompat Harimau

Gerakan Lompat Harimau, Bagaimana Cara Melakukannya dengan Benar? (10960)
searchPerbesar
Ilustrasi gerakan lompat harimau Sumber: Jurnal Unsika
Berikut ini cara melakukan lompat harimau dengan benar dikutip dari buku Pendidikan Jasmani karangan Irwansyah:
  1. Pertama, sikap permulaan jongkok. Posisikan kedua kaki dengan rapat, lalu kedua tangan sejajar bagu dan mengarah ke atas. Bagian telapak tangan menghadap ke depan.
  2. Pada saat menolakkan kaki pada matras, naikkan badan ke depan sambil menjaga kedua kaku dan badan lurus atau membusur.
  3. Simpan kedua tangan pada matras, lalu masukkan kepala diantara kedua tangan tersebut sembari siku ditekuk.
  4. Setelah kepala melewati kedua tangan, lakukan gerakan menggelinding. Gerakan ini berawal dari pundak, punggung, pinggang dan panggil.
  5. Terkahir, jongkok sambil meluruskan tangan ke depan lalu berdiri.
ADVERTISEMENT
Dalam melakukan gerakan lompat harimau, penting bagi seorang pelompat untuk memperhatikan beberapa hal agar terhindar dari cidera. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:
  • Loncatan kedua kaki dan tumpuan tangan harus kuat
  • Jangan gunakan tumpuan kepala pada saat pendaratan setelah lompatan
  • Gerakan berguling yang kurang sempurna
  • Berhenti di tengah jalan saat sudah melakukan gerakan lompatan, gerakan lompatan yang tidak sempurna atau tidak total akan mengakibatkan risiko cedera.
  • Menghindari rasa takut dan ragu saat sedang melakukan rangkaian gerakan.

Peralatan Lompat Harimau

Untuk menunjang olahraga lompat harimau tak hanya membutuhkan kesiapan fisik dan mental saja.
Namun, beberapa perlengkapan tambahan pun diperlukan agar saat melakukannya meminimalisir risiko yang tidak diingikan seperti cedera.
1. Matras
Matras digunakan sebagai alas untuk melakukan gerakan lompat harimau. Matras digunakan untuk kenyamanan dan keamanan bagi pelompat.
ADVERTISEMENT
Matras tebal akan melindungi tubuh selama melakukan gerakan lompat harimau.
Dengan menggunakan matras, maka risiko cedera bisa diminimalisir atau bahkan benar-benar terhindar dari cedera yang berbahaya.
2. Penanda
Penanda, bisa disebut sebagai seberapa jauh gerakan lompat harimau ini berjalan dengan sukses.
Penanda dalam olahraga lompat harimau tidak perlu dipasang terlalu tinggi namun disesuaikan dengan keadaan tubuh dari masing-masing.
Untuk anak-anak, penanda dipasang sekiranya anak-anak tersebut mampu mencapai dan melewatinya.
Sebagai catatan tambahan bagi pemula, penting untuk mendapatkan pendampingan dengan beberapa guru olahraga atau profesional dalam senam dan gerakan ini ketika akan melakukan olahraga lompat harimau.
(ANH)