Bola & Sports
·
10 Juni 2021 21:04
·
waktu baca 3 menit

Jumlah Pemain Bola Basket dan Tugas Para Pemainnya di Lapangan

Konten ini diproduksi oleh Info Sport
Jumlah Pemain Bola Basket dan Tugas Para Pemainnya di Lapangan (163801)
Ilustrasi pemain basket (Sumber: pexels)
Jumlah pemain bola basket tiap tim dalam pertandingan resmi berjumlah 5 orang. Jumlah pemain tersebut ditetapkan oleh FIBA selaku induk organisasi basket dunia.
ADVERTISEMENT
Jumlah pemain bola basket tersebut diatur agar jalannya permainan tetap terjaga serta menyesuaikan luas lapangan basket agar permainan tetap berjalan proporsional.
Dalam pertandingan resmi, setiap tim menyiapkan 5 pemain inti dan 5 pemain cadangan.
Kelima orang yang bermain di lapangan memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Ada yang berperan menjaga pertahanan, mengatur ritme permainan dan melakukan penyerangan.
Peran tersebut dibagi ke tiap pemain agar taktik bertahan dan menyerang berjalan seimbang.
Biasanya setiap pemain harus menguasai keterampilan tertentu untuk dapat mengisi tiap posisi yang ada. Hal tersebut agar permainan berjalan apik dan terkoordinasi sesuai strategi yang diterapkan pelatih.

Jumlah Pemain Bola Basket dan Perannya saat Di lapangan

Dalam permainan basket, tiap tim diberikan jatah untuk membawa 5 orang saat bertanding. Berikut ini peran dan posisinya ketika bertanding:
ADVERTISEMENT
1. Point Guard
Jumlah Pemain Bola Basket dan Tugas Para Pemainnya di Lapangan (163802)
Posisi point guard (Sumber: NBA)
Dalam permainan basket, posisi ini dikenal dengan pemain posisi 1. Biasanya pemain di posisi ini memiliki diisi oleh pemain yang memiliki kemampuan menggiring bola dan mengumpan yang baik.
Pemain ini juga kerap disebut playmaker, karena ialah yang mengatur ritme permainan di lapangan.
Pemain yang mengisi posisi ini harus memiliki kemampuan handling bola yang baik. Sebab seorang point guard terbiasa menjalankan strategi permainan dan memainkan ritme bertahan maupun menyerang.
Selain itu, tugas pemain di posisi ini adalah mencoba mencuri bola dan melakukan serangan cepat (fast break) sebaik mungkin bagi timnya.
Tak sedikit posisi ini ditempati oleh pemain yang memiliki tubuh lebih kecil di antara pemain lain, karena mobilitasnya yang tinggi untuk mengendalikan permainan.
ADVERTISEMENT
Meski bertubuh lebih kecil biasanya seorang Point Guard lebih cekatan dibanding pemain lainnya.
2. Shooting Guard
Jumlah Pemain Bola Basket dan Tugas Para Pemainnya di Lapangan (163803)
Posisi shooting Guard (Sumber: NBA)
Sesuai namanya pemain di posisi ini memiliki tugas utama untuk melakukan shooting dari area mana pun. Posisi ini diisi oleh pemain yang memiliki skill menembak yang bagus.
Pemain di posisi umumnya memiliki postur yang lebih tinggi dari point guard. Sebab seorang SG harus membantu dan menggantikan point guard ketika tim melakukan serangan.
Seorang SG dituntut untuk dapat memaksimalkan peluang sekecil apa pun menjadi angka sebab akan membantu tim meraih kemenangan.
3. Small Forward
Jumlah Pemain Bola Basket dan Tugas Para Pemainnya di Lapangan (163804)
Posisi small forward (Sumber: pexels)
Posisi ini ditempati oleh pemain yang menjadi scorer utama di tim. Pemain yang mengisi posisi ini biasanya memiliki keterampilan menyerang yang bagus seperti lay-up, dunk, jump dan 3 poin shoot.
ADVERTISEMENT
Pemain yang menghuni posisi small forward harus bermain agresif dan kuat terutama ketika di depan ring.
Tugas seorang SF yakni mencetak angka. Seorang SF harus mampu menerobos pertahanan dan melakukan lay-up atau dunk dan juga melakukan shooting dari jarak tertentu.
4. Power Forward
Jumlah Pemain Bola Basket dan Tugas Para Pemainnya di Lapangan (163805)
Power forward (sumber: USA Basket)
Pemain ini bertugas menjadi pelindung area center serta menjadi pemain yang banyak bermain di paint area. Tugasnya untuk membendung serangan lawan dan menangkap rebound baik saat fase defensif maupun ofensif.
Dalam pertahanan, rebound bola sangat penting agar bola tak kembali ke tangan musuh.
Pun dalam penyerangan, rebound bola penting untuk kembali menciptakan kesempatan membuat angka.
Maka biasanya posisi ini dipegang oleh orang yang lompatannya tinggi dan badan besar untuk berduel fisik.
ADVERTISEMENT
5. Center
Jumlah Pemain Bola Basket dan Tugas Para Pemainnya di Lapangan (163806)
Posisi center (Sumber: NBA)
Pemain ini merupakan pemain bertahan atau dikenal juga dengan sebutan defender terakhir dalam strategi bertahan. Biasanya berperan untuk melakukan block atau rebound.
Pada pertahanan pemain ini harus mampu mengamankan ring dari tembakan jarak dekat yang dilakukan musuh.
Sedangkan saat menyerang pemain ini harus mampu melihat posisi rekannya serta memberi umpan ke berbagai sisi lapang karena posisinya yang berada di tengah.
Karena itu posisi ini kerap diisi oleh pemain yang berpostur jangkung dan besar agar bisa berduel satu lawan satu dengan lawan.
(ANH)