Lama Permainan Softball Ditentukan oleh Apa? Ini Penjelasannya

Konten dari Pengguna
28 Maret 2022 18:00
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Lama Permainan Softball Ditentukan oleh Apa? Ini Penjelasannya (40635)
zoom-in-whitePerbesar
Home Plate dalam Permainan Softball. (Foto: Unsplash/MarkDuffel)
ADVERTISEMENT
Lama permainan Softball ditentukan oleh inning atau babak. Umumnya, permainan softball juga dapat ditentukan oleh waktu, jika inning terlalu lama hingga 1 sampai 2 jam yang terdiri dari 7 inning.
ADVERTISEMENT
Jika dalam 7 inning kedua tim mendapatkan hasil yang seri, maka pertandingan akan dilanjutkan dengan additional inning.
Namun, permainan dapat berakhir di inning keenam ketika salah satu tim mencetak run lebih banyak atau out ketiga di inning terakhir. Dengan kata lain, pemenang ditentukan oleh tim yang lebih banyak melakukan run.
Regulasi dalam permainan softball cukup jelas dan tegas. Bahkan, jika game dibatalkan di waktu seharusnya bertanding tanpa ada halangan, maka skor 7-0 diberikan untuk tim yang tidak bersalah.
Peraturan-peraturan tersebut tertera pada Playing Rules Committee yang ditetapkan oleh induk organisasi Softball dunia yaitu, International Softball Federation. Berikut penjelasan mengenai lama permainan dalam softball ditentukan oleh apa.

Lama Permainan Softball Ditentukan oleh Inning

Lama Permainan Softball Ditentukan oleh Apa? Ini Penjelasannya (40636)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Seorang Pemukul dalam Permainan Softball. (Foto: Pexels/MichellePriceMiller)
Peraturan di atas bersifat mutlak dan dijalankan oleh seorang wasit, yang dalam permainan softball disebut Umpire. Berikut ini adalah seluruh peraturan permainan dalam olahraga Softball, yaitu:
ADVERTISEMENT

1. Choice of Turn at Bat

Pemukul pertama atau terakhir dalam inning harus diputuskan dengan lemparan koin, kecuali dinyatakan dalam peraturan organisasi lain di mana jadwal permainan telah ditentukan.

2. Fitness of Ground

Kesesuaian tanah untuk memainkan pertandingan softball, akan dilakukan pengecekan oleh para Umpire, khususnya Plate Umpire atau Wasit Pelat.

3. Regulation Game

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, permainan dilakukan terdiri dari 7 innings, jika terjadi poin yang sama maka akan melewati additional inning untuk mendapatkan pemenang.
Wasit juga memiliki wewenang untuk menghentikan permainan kapan saja jika terjadi kegelapan, hujan, kebakaran, kepanikan, bencana atau penyebab lain, yang menempatkan pelindung atau pemain dalam bahaya.
Ketentuan ini tidak berlaku untuk tindakan apa pun dari pihak pemain atau penonton, yang dapat mengakibatkan penghentian permainan. Plate Umpire dapat mem-forfeit permainan jika ada anggota tim atau penonton yang menyerang wasit secara fisik.
ADVERTISEMENT

4. Winner of The Game

Pemenang dalam permainan dapat ditentukan ketika salah satu tim memiliki run lebih banyak di setiap inning. Permainan akan dimulai dari awal jika pertandingan sebelumnya dinyatakan seri dengan tambahan inning.
Skor yang akan dimenangkan kepada tim yang tidak bersalah sebesar 7-0, jika terjadi pembatalan atau penolakan permainan.

5. Run Ahead Rule

Sebuah pertandingan sesuai dengan aturan yang telah digunakan setiap turnamen atau kejuaraan meliputi:
FP: 15 run setelah tiga inning, 10 run setelah 4 inning dan 7 run setelah 5 inning.
SP: 20 run setelah 4 inning atau 15 run setelah 5 inning.

6. Tie Breaker

Lama Permainan Softball Ditentukan oleh Apa? Ini Penjelasannya (40637)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Olahraga Softball. (Foto: Pixabay/Cherylholt)
Jika additional inning atau inning ke-8 dimulai, tim penyerang di awal pertandingan bertindak sebagai pemukul pertama. Pertandingan akan dimenangkan oleh tim yang mencetak run lebih banyak.
ADVERTISEMENT
Jika seorang pelari menempati barisan yang salah di base kedua, harus segera diperbaiki tanpa diberlakukan penalti.

7. Scoring of Runs

Sebuah nilai poin akan dihitung setiap kali seorang pelari dengan sah menyentuh base pertama hingga home plate sebelum yang ketiga dari inning. Jika terjadi tie-breaker, seorang pelari yang memulai dari base kedua tidak harus kembali menyentuh base pertama.
Run tidak dinilai jika pelari dan pemukul dikeluarkan sebelum menyentuh base pertama secara sah dan pelari dinyatakan keluar. Banding out tambahan dapat dilakukan ketika out ketiga dilakukan.

8. Charged Conferences

Pada peraturan permainan ini terdiri dari 3 jenis, yaitu Offensive Conference, Defensive Conference dan konferensi dibatalkan jika permainan di suspend.
Lama permainan softball ditentukan oleh inning merupakan peraturan yang telah ditetapkan oleh ISF secara mutlak. Itulah peraturan permainan dalam olahraga softball.
ADVERTISEMENT
(FS)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020