Langkah Pantul dalam Senam Ritmik Disebut dengan Apa?

Konten dari Pengguna
29 Maret 2022 16:59
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Langkah Pantul dalam Senam Ritmik disebut juga (Sumber: natsya_gepp/Pixabay)
ADVERTISEMENT
Langkah pantul dalam senam ritmik disebut juga kaatpas. Senam ritmik merupakan salah satu jenis senam yang sangat baik dilakukan untuk melatih kelenturan, ketangkasan, kelincahan serta daya tahan tubuh. Senam ritmik adalah gerakan senam dibarengi musik sesuai ritme atau musik yang mengikutinya.
ADVERTISEMENT
Senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan alat maupun tanpa alat. Beberapa alat yang kerap digunakan pada senam ritmik yakni ganda, simpai, tongkat, bola, pita dan topi. Gerakannya sendiri memadukan gerakan tarian dan balet.
Gerakan senam ritmik ini kerap dilombakan dalam berbagai kejuaraan nasional hingga internasional. Mungkin kamu pernah melihatnya saat pertandingan olimpiade.
Pada olimpiade, gerakan senam ini menggunakan pita yang dikaitkan pada sebuah tongkat kecil. Sejauh ini senam irama hanya dilakukan atau diperuntukkan oleh kaum hawa saja. Berikut gerakan dasar yang harus dipelajari dalam aktivitas ritmik adalah gerakan apa.

Langkah Pantul dalam Senam Ritmik Disebut Apa?

Langkah pantul dalam senam ritmik disebut juga dengan kaatpas. Pada gerakan senam ritmik, langkah pantul dilakukan dengan cara menempatkan kaki kiri ke depan, lalu menarik kaki kanan ke atas ujung kaki hingga lutut.
ADVERTISEMENT
Tahapan gerakan langkah pantul dilanjutkan secara bergantian setelah meletakkan kaki kanan di tempat semula. Selain langkah pantul. berikut ini beberapa gerakan langkah dalam senam ritmik.

Langkah dalam Senam Ritmik

Langkah dalam Senam Ritmik (Sumber: studionone/Pixabay)

1. Langkah biasa (looppas)

Berdiri dengan sikap tegak. Langkahkan kaki kiri dan kedua lengan di samping badan.
Melangkahkan kaki kanan dan jatuhkan pada tumit, dilanjutkan melangkah dengan kaki kiri secara bergantian. Pada gerakan melangkah biasa harus diperhatikan faktor-faktor sebagai berikut.

2. Langkah rapat (By Trekpas)

Berdiri dengan sikap tegak. Langkahkan kaki kanan di depan kaki kiri. Kemudian, melangkahkan kaki kiri di depan kaki kanan, dilanjutkan kedua kaki rapat.
Langkah kaki rapat dilakukan dengan hitungan 1 kanan, hitungan 2 kiri, dan hitungan 3 rapat. Secara prinsip, sikap langkah jatuh pada tumit dengan ketentuan sebagai berikut.
ADVERTISEMENT

3. Langkah keseimbangan (ballanspas)

Ilustrasi langkah keseimbangan dalam senam ritmik. Foto: bruce mars/Unsplash
Berdiri dengan sikap tegak. Hitungan satu, melangkahkan kaki kiri ke depan. Hitungan dua, kaki kanan menyusul melangkah ke depan.
Sebelum kaki kanan menapak (tumit masih terangkat) kaki kiri mundur diikuti kaki kanan mundur merapat. Secara prinsip, langkah ini dilakukan sebagai berikut:

4. Langkah Depan (Galoppas)

ADVERTISEMENT

5. Langkah silang (kruispas)

6. Langkah Tiga (Wallpas)

Cara melakukan langkah tiga (wallpas) adalah sebagai berikut:

7. Langkah Samping (Zijpas)

Cara melakukan langkah samping (zijpas) adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Itulah langkah pantul dalam senam ritmik disebut dengan kaatpas. Untuk menguasainya, kamu bisa mempelajari teknik di atas.
(ANH)