Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari, Ini Daftarnya

Konten dari Pengguna
9 Maret 2023 13:56
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Latihan untuk meningkatkan kecepatan lari adalah. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Latihan untuk meningkatkan kecepatan lari adalah. Foto: Pexels
Ada sejumlah metode latihan untuk meningkatkan kecepatan lari. Beberapa di antaranya bahkan tidak membutuhkan alat apa pun. Bagi yang ingin meningkatkan kecepatannya dalam berlari, berikut beberapa latihannya.
Kecepatan merupakan kemampuan manusia dalam melakukan secara berturut-turut dalam waktu singkat. Nah, kecepatan lari sendiri ternyata bisa diasah agar tubuh mampu memberikan kecepatan maksimalnya.
Oleh karena itu, berikut beberapa latihan yang bisa Anda lakukan agar meningkatkan kecepatan lari, baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari

Latihan untuk meningkatkan kecepatan lari adalah. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Latihan untuk meningkatkan kecepatan lari adalah. Foto: Unsplash
Dikutip dari laman RSUD Sawahlunto, latihan untuk meningkatkan kecepatan lari perlu disesuaikan dengan tujuan. Artinya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa tujuan dalam meningkatkan kemampuan berlari.
Dengan mengetahui tujuannya, maka latihan meningkatkan kecepatan lari bisa terlaksana secara maksimal. Bagi yang sudah penasaran, ini beberapa daftar latihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan lari:

1. Strength Training

Latihan pertama yang bisa Anda lakukan adalah strength training, yaitu melatih daya kuat tubuh. Sebab, semakin kuat daya tubuh seseorang akan semakin mudah dalam menggerakkan anggota tubuh, terutama kaki.
Adapun hal ini sudah terbukti dalam studi European Journal of Applied Physiology pada tahun 2016. Anda bisa meningkatkan kecepatan lari ini dengan melakukan renang, bola voli, squat, push up, atau bahkan kickboxing.

2. Sprint

Masuk ke latihan yang berhubungan dengan kecepatan lari, melakukan sprint secara berkala juga bisa meningkatkan kecepatan dalam berlari. Adapun sprint ini merupakan lari jarak pendek dengan jarak kurang lebih 40, 60, sampai 100 meter.
Anda bisa melakukan sprint secara berkala dengan melihat perolehan waktu. Setelah sudah lama melakukan sprint, Anda bisa melihat perbedaan perolehan waktu dari awal melakukan latihan ini.

3. Interval Training

Bagi yang belum tahu, interval training merupakan sistem latihan yang dilakukan berulang kali (dalam olahraga) dengan beberapa selingan istirahat dan ditambahkan durasinya secara bertahap.
Jenis latihan ini juga bisa Anda terapkan pada lari, mulai dari melakukan jogging sampai lari cepat layaknya melakukan sprint. Terdapat beberapa faktor penting dalam melakukan interval training, mulai dari intensitas, durasi, repetisi, dan masa istirahat di antara latihan.

4. Hill Training

Hill training atau berlari pada lintasan berbukit juga bisa meningkatkan kecepatan berlari. Selain itu, melakukan hill training juga akan meningkatkan kekuatan tubuh bagian bawah sampai membakar lemak berlebih.
Cara melakukannya juga perlu diperhatikan, yaitu berlari cepat ketika mendaki bukit, lalu melakukan pendinginan ketika lintasan sudah mulai menurun.
Demikianlah informasi mengenai daftar latihan untuk meningkatkan kecepatan lari. Semoga bermanfaat.
(AA)
Apa itu kecepatan?
chevron-down
Apa itu interval training?
chevron-down
Bagaimana cara melakukan hill training?
chevron-down