Bola & Sports
·
21 Juli 2021 17:52
·
waktu baca 1 menit

Lay Up Shoot dalam Bola Basket, Kenali Cara dan Jenisnya

Konten ini diproduksi oleh Info Sport
Lay Up Shoot dalam Bola Basket, Kenali Cara dan Jenisnya (489855)
searchPerbesar
LeBron James melakukan lay-up ke ring Chicago Bulls. Foto: Quinn Harris-USA TODAY Sports via Reuters
Lay up shoot dalam bola basket merupakan gerakan menembak untuk memasukkan bola ke ring basket lawan. Lay up menjadi salah satu teknik dasar yang mendominasi gerakan shooting dalam permainan basket.
ADVERTISEMENT
Lay up shoot dilakukan dengan tembakan sambil melompat yang sebelumnya dilakukan dalam dua langkah ke arah ring basket.
Gerakan tersebut terbilang lebih mudah dilakukan dibanding beberapa teknik shooting lain yang harus menggunakan variasi gerakan.
Maka, setiap pemain basket dituntut untuk bisa menguasai teknik ini. Sebab, proses tembakan dan serangan ke arah ring jadi lebih mudah.
Kali ini, Info Sport akan menjelaskan mengenai bagaimana cara melakukan lay up shoot dalam bola basket, dikutip dari Breakthrough Basketball.

Cara Melakukan Lay Up Shoot dalam Bola Basket

Lay Up Shoot dalam Bola Basket, Kenali Cara dan Jenisnya (489856)
searchPerbesar
Ilustrasi lay up shoot dalam bola basket. (Pexels/Pixabay)
Gerakan lay up shoot dalam bola basket bisa dilakukan dengan tangan kanan dan tangan kiri. Namun, tergantung dari situasi dan kekuatan tangan. Berikut ini adalah langkah melakukan lay up shoot dalam bola basket:
ADVERTISEMENT
  1. Lakukan dribble dengan benar untuk memastikan tidak ada pelanggaran, karena over dribble atau travel.
  2. Gunakan kaki yang berlawanan dengan tangan yang digunakan sebagai pendorong bola. Jika menggunakan tangan kiri, tumpuan loncatan menggunakan kaki kanan.
  3. Jika ingin memanfaatkan pantulan, lakukan dengan titik yang tepat. Pastikan bola jatuh pada ring area atau target.
  4. Saat memasukkan bola menggunakan satu tangan, pastikan tenaga dorongan harus disesuaikan dengan kecepatan dribble saat berlari.
  5. Kecepatan dapat dilakukan dengan mendekati area ring untuk mengantisipasi lay up di blok lawan.
  6. Kemudian, tembakkan bola menggunakan salah satu tangan.
  7. Ketika melakukan tembakan, sebaiknya arahkan ke titik strategis, yaitu berada di persegi papan pantul. Sebab, titik ini akan meredam pantulan bola dan menjatuhkan bola ke dalam ring.
ADVERTISEMENT

Teknik Lay Up Shoot dalam Bola Basket

Lay Up Shoot dalam Bola Basket, Kenali Cara dan Jenisnya (489857)
searchPerbesar
Lay Up Shoot Dalam Basket (Sumber: Pixabay)
Cara lay up shoot dalam bola basket terdiri dari beberapa jenis. Gerakan tersebut tergantung dengan situasi dan tembakannya. Berikut ini adalah jenis-jenis lay up shoot:

1. Reverse Lay Up

Bisa dikatakan, teknik ini sering dijumpai dalam permainan bola basket. Caranya, gunakan satu kaki sebagai tumpuan dan berlawanan dengan tangan untuk menembak.
Jika ingin melakukan reverse lay up secara maksimal, ayunkan santai agar bola bisa masuk dengan sempurna.

2. Power Lay Up

Power lay up dilakukan dengan menggunakan kedua tangan dalam jarak dekat. Teknik ini dilakukan untuk memastikan bahwa bola masuk ke ring secara sempurna.
Pada reverse lay up, ada kemungkinan bola tidak masuk jika salah memperhitungkan tenaga dorongan bola. Jika pemain menggunakan gerakan bank shot via backboard, kesempatan untuk lay up juga tidak masuk.
ADVERTISEMENT

3. Finger Roll Lay Up

Finger roll lay up dilakukan dengan cara melompat. Teknik ini cukup sulit dilakukan oleh pemula. Caranya adalah dengan memutar bola ke atas seperti tembakan teardrop shot atau floater dengan jarak yang lebih dekat ke tiang basket.

4. Putback Lay Up

Putback lay up adalah langkah terakhir yang dilakukan saat pemain mendapatkan second chance karena adanya pantulan bola. Sehingga, sang pemain bisa melakukan reverse untuk finishing.
Itulah penjelasan lengkap mengenai lay up shoot dalam bola basket. Sebagai pemain pemula, kamu perlu mempelajari teknik ini agar bisa menambah skor.
(ANH)