Mengenal Awalan dalam Renang Berdasarkan Jenis Gaya

Konten dari Pengguna
13 September 2022 10:13
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi memulai berenang, Foto: unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi memulai berenang, Foto: unsplash
ADVERTISEMENT
Aktivitas berenang kerap jadi alternatif banyak orang ketika libur. Tak jarang berenang dilakukan ketika waktu sedang senggang, atau ketika pikiran sedang penat dan ingin berekreasi bersama keluarga atau kerabat.
ADVERTISEMENT
Sebab, aktivitas olahraga ini bisa dilakukan dengan mudah. Seseorang hanya perlu mengunjungi kolam berenang umum untuk bisa berenang atau menyeburkan dirinya ke dalam kolam. Tapi, aktivitas ini juga dilakukan secara profesional atau diperlombakan secara nasional dan internasional.
Menurut Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTS, renang ialah salah satu cabang olahraga di ait atau akuatik. Umumnya renang dilakukan tanpa alat bantuan. Seseorang dikatakan berenang, apabila dirinya mengapung dan bergerak atau berpindah di dalam air di atas permukaannya.
Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), renang merupakan olahraga berupa lomba cepat atau gerakan indah di air dengan jarak tertentu, dalam atau di luar ruangan.
Berenang bisa dilakukan oleh semua kalangan, dengan catatan mempunyai kemampuan dan keahlian teknik berenang. Bisa dibilang, berenang juga jadi salah satu jenis olahraga yang banyak diminati masyarakat.
ADVERTISEMENT
Adapun dalam olahraga ini, sedikitnya ada empat jenis gaya yang cukup familier dilakukan dan diperlombakan, yaitu gaya bebas (front crawl), gaya dada (breaststroke), gaya punggung (backstroke), dan gaya kupu-kupu (butterfly stroke).
Setiap gaya renang, memiliki gerakan dan tekniknya masing-masing. Baik itu gerakan tangan, gerakan kaki, posisi badan, dan juga cara memulai atau awalan ketika ingin menggunakan gaya tersebut.
Kali ini Info Sport akan membahas awalan dalam renang pada setiap keempat gaya renang di atas. Baca terus artikel ini untuk mengetahui informasi lengkapnya.

Start Empat Gaya Renang

Ilustrasi memulai berenang, Foto: unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi memulai berenang, Foto: unsplash
Seperti yang telah dijelaskan, pada setiap gaya renang memiliki gerakan dan teknik start yang berbeda-beda. Dalam artikel ini akan dibahas perihal teknik start dalam gaya renang saat lomba.
ADVERTISEMENT

1. Gaya Bebas

Gaya renang pertama ialah gaya bebas. Gaya renang ini cukup populer dan yang paling sering digunakan. Berikut ini awalan dalam renang gaya bebas:
  • Berdiri di atau balok dengan sikap membungkuk dan hampir mencium lutut.
  • Lalu kedua ujung jari kaki mengait bibir balok agar bisa melakukan dorongan dengan kaki ketika menceburkan diri ke kolam/

2. Gaya Dada

Gaya yang kerap juga dikenal sebagai gaya katak ini juga diawali di atas balok yang berada di pinggir kolam. Berikut ini cara melakukan start-nya:
  • Posisi tubuh sejajar dengan wajah, dan menghadap kolam
  • Telapak tangan menyatu dan di letakkan di depan dada
  • Lalu gerakan dan luruskan lengan ke depan tubuh
  • Kemudian melompat atau meluncur ke dalam air

3. Gaya Kupu-kupu

Kemudian teknik start gaya kupu-kupu. Awalan ketika ingin melakukan gaya ini serupa dengan awalan ketika ingin menggunakan gaya bebas dan gaya dada. Sementara itu, untuk gaya renang kupu-kupu sendiri merupakan yang paling sulit dilakukan.
ADVERTISEMENT

4. Gaya Punggung

Teknik start gaya punggung ialah yang paling berbeda dari ketiga gaya renang lainnya. Jika gaya renang lain diawali dari atas balok, gaya punggung diawali dari bawah balok atau dari pinggir kolam. Berikut caranya:
  • Posisi tangan memegang besi pada pinggir kolam, sedangkan kaki menempel pada dinding kolam
  • Tekuk tangan dan kaki agar mendekati dinding kolam. Langkah ini untuk membuat dorongan ketika memulai
  • Jika start sudah mulai, kaki melakukan dorongan dan diikuti dengan ayunan tangan yang bergerak membuka ke samping badan.
(NNR)
Apa yang dimaksud renang?
chevron-down
Ada berapa gaya dalam renang?
chevron-down
Apakah berenang bisa dilakukan oleh semua orang?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·