Bola & Sports
·
22 Juli 2021 17:37
·
waktu baca 3 menit

Permainan Bola Kecil: Penjelasan dan Jenisnya

Konten ini diproduksi oleh Info Sport
Permainan Bola Kecil: Penjelasan dan Jenisnya (88526)
searchPerbesar
Ilustrasi permainan bola kecil. (Pexels/Ingo Joseph)
Permainan bola kecil sebenarnya bisa kita temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Permainan ini menggunakan bola berukuran kecil sebagai objeknya.
ADVERTISEMENT
Pada permainan bola kecil, biasanya membutuhkan beberapa alat tambahan, seperti raket, tongkat, dan lainnya.
Sama halnya seperti permainan bola besar, jenis ini sangat menarik untuk dimainkan. Para pemainnya harus menguasai berbagai teknik serta strategi agar bisa memenangkannya.
Permainan ini seringkali dimainkan sebagai hiburan saat waktu senggang bersama teman. Kali ini, Info Sport akan menjelaskan tentang permainan yang menggunakan bola kecil.

Permainan Bola Kecil dan Penjelasannya

Mengutip dari Steemit, berikut ini adalah contoh permainan bola kecil:

1. Tenis

Permainan Bola Kecil: Penjelasan dan Jenisnya (88527)
searchPerbesar
Permainan Tenis (Sumber: Pixabay)
Tenis merupakan salah satu permainan bola kecil yang populer. Ada dua jenis tenis dalam olahraga, yakni tenis lapangan dan tenis meja.
Tenis lapangan menggunakan raket dan bola tenis. Olahraga ini bertujuan untuk memantulkan bola ke area lawan dan mencegah bola masuk ke area sendiri.
ADVERTISEMENT
Umumnya, tenis lapangan dimainkan secara individu atau beregu dengan tiga set. Untuk menjadi pemenang, pemain harus memenangkan dua set.
Permainan bola kecil tenis meja menggunakan bola ping pong dengan berat yang ringan dan diameter lebih kecil. Permainan tersebut dilakukan oleh dua orang melalui prinsip yang sama, yaitu bola harus melewati net dan tidak keluar garis. Namun, bedanya adalah bola harus memantul sekali.

2. Bulu Tangkis

Permainan Bola Kecil: Penjelasan dan Jenisnya (88528)
searchPerbesar
Permainan Bulu Tangkis (Sumber: Pixabay)
Permainan bola kecil bulu tangkis sangat populer di Indonesia. Popularitasnya bahkan sebanding dengan para atlet yang selalu mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.
Jenis permainan ini membutuhkan kok dengan bentuk kerucut terbuka dan raket untuk memukul bola. Biasanya, bulu tangkis dimainkan secara tunggal atau berpasangan di lapangan berbentuk segi empat dengan net di bagian tengah.
ADVERTISEMENT

3. Golf

Permainan Bola Kecil: Penjelasan dan Jenisnya (88529)
searchPerbesar
Permainan Golf (Sumber: Pixabay)
Macam-macam permainan bola kecil selanjutnya adalah golf. Permainan ini memang cukup populer dimainkan, terutama bagi kalangan menengah ke atas. Sebab, peralatannya tergolong mahal dan cukup eksklusif untuk dimainkan.
Untuk memainkannya, pemain harus memukul bola dengan klab dan memasukkan bola tersebut ke dalam lubang.

4. Baseball

Permainan Bola Kecil: Penjelasan dan Jenisnya (88530)
searchPerbesar
Permainan Baseball (Sumber: Pixabay)
Baseball atau bisbol juga termasuk ke dalam permainan bola kecil yang populer. Permainan ini dimainkan oleh dua tim di lapangan yang terbuka luas.
Permainan ini juga membutuhkan alat tambahan, seperti bola, sarung tangan, tongkat pemukul, base, hingga pelindung catcher. Tujuan dari permainan ini adalah mempertahankan tim agar terus menjadi pemukul dan meraih angka.

5. Sepak Takraw

Permainan Bola Kecil: Penjelasan dan Jenisnya (88531)
searchPerbesar
Permainan Takraw (Sumber: Pixabay)
Permainan sepak takraw menggunakan bola kecil yang terbuat dari rotan. Dalam permainan ini, setiap regu terdiri dari tiga pemain di lapangan dan beberapa pemain cadangan.
ADVERTISEMENT
Permainan sepak takraw cukup populer di beberapa negara Asia Tenggara, khususnya Thailand.
Serupa dengan permainan bola voli, sepak takraw juga mengharuskan bola kecilnya jatuh di daerah lawan. Bedanya, sepak takraw menggunakan kaki untuk memindahkan bola ke daerah lawan, begitu juga untuk menghalang.

6. Hoki

Permainan Bola Kecil: Penjelasan dan Jenisnya (88532)
searchPerbesar
Permainan Hoki (Sumber: Pixabay)
Permainan hoki cukup populer dimainkan, terutama di tingkat sekolah atau universitas. Dalam permainan hoki, nantinya akan ada dua grup yang saling berhadapan.
Bola yang digunakan dalam permainan ini adalah berbentuk bundar, kemudian setiap pemain memegang stik pemukul untuk mengolah dan memukul bola. Setiap tim harus memasukkan bola ke dalam gawang lawan untuk mendapatkan poin.
Di beberapa kawasan seperti Eropa, permainan ini dimainkan di atas salju. Bola yang dimainkan pun berbentuk bundar pipih dan stik yang dipakai lebih panjang.
ADVERTISEMENT
Sedangkan di Indonesia, permainan hoki dimainkan di sebuah lapangan dengan bola yang berbentuk bundar.

7. Billiar

Permainan Bola Kecil: Penjelasan dan Jenisnya (88533)
searchPerbesar
Permainan Billiar (Sumber: Pixabay)
Permainan billiar dilakukan di atas meja dengan menggunakan stik untuk menyodok satu bola berwarna putih dan memasukkannya ke enam lubang di papan.
Billiar pun dikenal dan sering dilombakan pada beberapa event olahraga. Secara garis besar, peraturannya pun sama. Bedanya adalah ada satu atau dua aturan yang membuatnya semakin menarik dimainkan.
Demikian penjelasan mengenai permainan bola kecil yang biasa kita temui. Selain itu, masih ada beberapa permainan lainnya yang sering dimainkan.
(ANH)