Bola & Sports
·
29 Juli 2021 18:59
·
waktu baca 3 menit

Profil Manny Pacquiao, Petinju yang Namanya Melegenda

Konten ini diproduksi oleh Info Sport
Profil Manny Pacquiao, Petinju yang Namanya Melegenda (424787)
searchPerbesar
Profil Manny Pacquiao (Sumber: Unsplash)
Profil Manny Pacquiao hingga kini masih banyak dicari oleh pecinta tinju. Bukan tanpa sebab, Pacquiao merupakan petinju yang melegenda. Namanya kerap kali menjadi headline ketika ia bertarung dengan siapa saja.
ADVERTISEMENT
Manny Pacquiao merupakan seorang petinju legendaris dunia yang berasal dari Filipina. Pria bernama lengkap Emmanuel Dapidran Pacquiao ini lahir di Kibawei, Filipina pada 17 Desember 1978 silam.
Dirinya merupakan salah satu petinju yang mampu bertahan di peringkat elite dunia dalam usia yang relatif senior. Dikutip dari thefamouspeople.com dan 234fight.com, Pacquiao memulai karirnya di ring tinju sejak remaja.
Demi memuluskan karier tinjunya, Pacquiao meninggalkan keluarga dan kampung halamannya dengan menaiki kapal ke Manila, Filipina. Dirinya berharap agar bisa menjadi petinju profesional.
Bermodalkan tekad yang kuat, akhirnya ia mencicipi ring untuk laga profesional pada 1995. Lawan pertamanya di ring tinju adalah Edmund Ignacio.
Pertandingan pertamanya di ring tinju profesional berbuah manis, "Pacman" berhasil memenangkan pertarungan tersebut dalam empat ronde dengan keputusan mutlak. Kemenangan tersebut menjadi pintu baginya untuk mengawali kesuksesan dalam karirnya di dunia tinju selama dua dekade.
ADVERTISEMENT
Pada Desember 1998, Pacquiao memenangkan pertarungan melawan Chatchai Sasakul dari Thailand untuk merebut gelar kelas WBC yang jadi gelar kejuaraan besar pertamanya.
Lalu, Pacquiao pindah ke divisi berat badan yang lebih tinggi, ia berhasil mencetak TKO di ronde keenam dari Lehlo Ledwaba pada 2001 untuk merebut gelar kelas bulu junior IBF.
Pada 2008, ia berhasil memenangkan pertarungan yang fenomenal saat melawan Oscar De La Hoya dalam duel delapan ronde kelas welter non-gelar.
Pertarungan itu menghasilkan uang hampir USD 70 juta dari biaya tayang per penonton yang format penyiarannya sebagian besar untuk pertarungan Pacquiao sejak awal 2000-an.
Tak cukup sampai di situ, Manny Pacquiao juga melakoni sebuah laga yang bertajuk "Pertarungan Abad Ini" melawan petinju Amerika yang tak terkalahkan, yakni Floyd Mayweather Jr di MGM Grand Garder Arena, Las Vegas pada 2 Mei 2015.
ADVERTISEMENT
Duel antara kedua petarung di ring tinju ini ditunggu oleh pecinta tinju di seluruh dunia. Meski berjuang dengan cedera bahu kanan, Pacquiao dengan gagah berani melayani Mayweather. Namun, Manny Pacquiao kalah dalam pertandingan tersebut.

Profil Manny Pacquiao

Profil Manny Pacquiao, Petinju yang Namanya Melegenda (424788)
searchPerbesar
Koleksi GelarManny Pacquiao (Sumber: Unsplash)
Pacquiao adalah petinju dari benua Asia pertama yang berhasil meraih gelar juara tinju profesional di delapan kelas berbeda, atau petinju kedua di dunia setelah Oscar de la Hoya.
Petinju Filipina ini merupakan yang pertama berhasil merebut tujuh gelar di tujuh kelas berbeda, lima gelar juara dunia dari lima kelas berbeda, dan dua gelar dari Ring Magazine untuk kelas bulu dan welter junior.
Meski ia bertinju dengan gaya kidal serta memiliki pukulan kiri mematikan, namun dalam kesehariannya dia bukan orang kidal. Manny Pacquaio adalah seorang right-handed dalam kesehariannya.
ADVERTISEMENT
Berikut ini adalah deretan gelar yang berhasil diraih oleh Manny "Pacman" Pacquiao selama berkarier di dunia tinju:
  1. WBC kelar terbang pada 4 Desember 1998
  2. OBF kelas bantam super pada 23 Juni 2001
  3. The Ring kelas bulu pada 15 November 2003
  4. WBC kelas bulu super pada 15 Maret 2008
  5. WBC kelas ringan pada 28 Juni 2008
  6. The Ring kelas welter junior pada 2 Mei 2009
  7. IBO kelas welter ringan pada 2 Mei 2009
  8. WBO kelas welter pada 14 November 2009
Seiring dengan karier tinju profesional, Pacquiao juga menjalani karir politiknya. Ia dua kali terpilih menjadi anggota DPR di negaranya dan memenangkan kursi Senat pada 2016.
Di usianya yang kini menginjak 42 tahun, Manny Pacquiao akan kembali naik ke atas ring dengan menantang juara kelas welter WBC dan IBF Errol Spence Jr.
ADVERTISEMENT
Pertarungan tersebut rencananya akan digelar di T Mobile Arena, Las Vegas, pada 21 Agustus 2021. Beberapa pengamat menilai meskipun usianya sudah tua, namun Manny Pacquiao tetap berpeluang untuk memenangkan pertandingan.
Itulah profil Manny Pacquiao yang perlu diketahui. Petinju legendaris ini akan kembali ke ring pada 21 Agustus 2021 mendatang di Las Vegas, Amerika Serikat.
(ANH)